Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Ali Ibrahim Serahkan Penghargaan Berprestasi

Abadikini.com, TIDORE – Pada Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2018  Walikota Tidore H. Ali Ibrahim menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah,Guru,Siswa dan Sekolah  berprestasi tingkat provinsi dan nasional tahun 2017-2018 di Halaman Kantor Walikota, Rabu (2/5/2018).

Selain itu, Walikota juga menyerahkan beasiswa kepada siswa kurang mampu, pemberian penghargaan kepada sekolah peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata ) dan pemberian hadiah kepada  juara lomba bercerita anak tingkat SD serta lomba perpustakaan sekolah tingkat SMA/MA dan SMK.

Sementara itu, Upacara Hardiknas 2 Mei di halaman Kantor Walikota berlangsung hikmad dan lancar. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, dalam pidatonya yang dibacakan Walikota Tidore, mengatakan pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini mari kita satukan tekad untuk “ Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan” ungkapnya.

Dikatakan, menghadapi perubahan zaman yang melaju kencang, kompleks, tak terduga dan multi arah, mulai tahun ini Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf kalla mencanangkan prioritas pembangunan pada penguatan sumber daya manusia (SDM).

Dalam penguatan SDM tersebut terbentang tantangan internal dan eksternal sekaligus. tantangan internal tampak pada gejala tergerusnya ketajaman akal budi dan kekukuhan mentalitas kita sedangkan tantangan eksternal muncul dari perubahan yang sangat cepat dan kompetitif. untuk menjawab tantangan ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal ini sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden.

“Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 sekarang, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antar pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara” tuturnya.

Pada Upacara Hardiknas tersebut, Walikota Capt. H. Ali Ibrahim, MH bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pembaca UUD 1945 oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Ismail Dukomalamo, Perwira Upacara, Saona Kalfangare, Kepala Sekolah TK Bhayangkari Tidore, Komandan Upacara, Muriyono Hamid, Guru SMP N 1 Tidore, Pembaca Doa, Kusmadi Kasubag Tata Usaha Kementrian Agama Tidore, Pengibar bendera dari Purna Paskibra Kota Tidore masing-masing Riski Ahmad, M. Wildan, M. Rizal Bakri, Paduan Suara dari SMA Negeri 3 Tidore.

Upacara Hardiknas ditutup dengan pertunjukan Gerak dan Lagu Germas dari Anak- anak Paud  se Kota Tidore Kepulauan. (rafael.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker