Deddy Corbuzier Sebut Bisnis Endorse Artis Ternyata Penipuan

Abadikini.com- Setelah menyindir soal fenomena artis dan program alay. Kini, Deddy Corbuzier kembali membuat mata publik terbebelalak lewat video yang ia unggah.

Deddy mengunggah sebuah video berjudul “Tipu Tipu Si Artis Endorse (How Celebrity Get Money by Lying To You)” dalam akun YouTube miliknya, Rabu (27/3/2018).

Dalam video itu, Deddy membongkar bisnis endorse artis yang ternyata sebuah penipuan. Seperti kita ketahui, di akun Instagram para artis semakin marak promosi sebuah produk yang beragam.

Mulai dari produk pakaian, makanan, perawatan wajah, hingga obat-obat herbal lainnya. Para artis seolah berlomba menampilkan produk dengan cara pemasaran yang menarik.

Itulah yang dinamakan endorsement.

Endorsement ini terjadi saat sang penjual memberikan produknya secara gratis kepada sang artis dan penjualnya pun harus membayar sejumlah uang kepada artis tersebut.

Tarif endorsement setiap artis tentu berbeda. Mulai dari 5 juta rupiah hingga belasan juta untuk sekali posting di akun media sosialnya.

Harga yang cukup fantastis memang, mengingat para artis hanya bertugas untuk memfoto produk itu dan menulis caption semenarik mungkin. Namun kebanyakan para penjual mendapatkan manfaat karena produknya semakin laris setelah dipromosikan para artis.

Kegiatan endorsement inilah yang dikritik habis-habisan oleh Deddy Corbuzier. Mantan suami Kalina Ocktaranny ini mengungkap ada tiga macam bisnis endorsement para artis.

Tipe yang pertama yakni artis-artis yang hanya meng-endorse produk yang memang mereka pakai.

Tipe kedua yakni artis yang mengendorse barang yang tak ia pakai. Misalnya seorang artis meng-endorse kacamata seharga Rp 100 ribu, tentu mereka tak akan memakai kacamata tersebut.

Ada lagi tipe ketiga yang justru meresahkan. Tipe artis yang meng-endorse barang yang sudah jelas-jelas menipu orang banyak.

“Yang jadi masalah buat gue adalah artis-artis meng-endorse-kan produk-produk yang menurut saya menipu anda,” ungkap Deddy dalam video itu. Barang tersebut bisa berupa obat pelangsing atau peninggi badan.

“Contohnya adalah pelangsing badan, peninggi badan, pembesar payudara. Oh my God. Artis-artis yang dipake sama mereka itu artis-artis kalo pelangsing badan, badannya udah kurus,” kata Deddy.

“Gak ada namanya obat pelangsing badan diminum, terus lo kurus. Gak ada. Yang dibuang untuk turun tiga kilo di minggu pertama adalah air bukan lemak,” lanjutnya.

Menurutnya, apabila ada orang yang ingin kurus, beberapa cara ampuhnya adalah olahraga, makan teratur, dan diet.

“Lo mau kurus, lo olahraga. That’s it. Makan teratur, diet!” pungkas Deddy.

Sementara, kini banyak artis yang langsing justru mempromosikan produk pelangsing yang sudah jelas-jelas tak bermanfaat.

Bukannya bermanfaat, produk ini bisa saja berbahaya bagi tubuh. Namun para artis tak memedulikan hal itu karena yang penting mereka mendapatkan uang dari hasil endorse-annya.

“Jadi artis-artis yang dapat duitnya, karena produk pelangsing badan dan bahkan mereka tidak pakai, mereka gatau itu aman apa enggak dan lo pada beli if you’re not smart people, I believe you’re not because you’re smart people.

“Well itu bisa kemana-mana larinya, karena bisa aja obat yang dipake itu gak sesuai dengan orangnya. dan remember itu obat loh, dimakan loh, how dangers is that,” ucapnya.

Deddy juga mempertanyakan kelayakan produk tersebut sesuai standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Ada BPOM-nya gak? ada surat dokternya gak? pernah periksa ke dokter gak?” tanya Deddy.

Padahal artis-artis ini, lanjut Deddy, tahu bahwa produk-produk tersebut sebenarnya berbahaya.

“Mereka meng-endorse-kan itu, dapat uang, tapi they know it can be dangerous. Itu bisa berbahaya,” lanjutnya.

Selain itu, Deddy Corbuzier juga mengungkap ada lagi endorse artis yang menipu selain obat pelangsing atau peninggi badan.

Yakni soal bisnis-bisnis yang dengan mudah menambahkan penghasilan tiap harinya.

Setelah mengungkap beberapa bisnis tipuan endorse artis, Deddy justru tak menyalahkan si artis dan penjual. Ia blak-blakan menyalahkan para pembeli produk tersebut.

“Ngapain lu percaya hal-hal seperti itu yang udah gak masuk akal dan tetap lo beli, lo minum, dan nanti lo kecewa, lo gak bisa komplain juga dan semakin panjang,” ucap Deddy lagi.

Tonton Videonya Disini:

 

 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker