Earth Hour 2018, Pemprov DKI Hemat Listrik Hingga 170 Megawatt

Abadikini.com, JAKARTA- Dalam rangka pelaksanaan Earth Hour 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pemadaman lampu selama 60 menit. Dalam pelaksanaannya, Pemprov DKI mengklaim terjadi peningkatan pemadaman 9,5 persen dibandingkan tahun 2017. Hal ini juga meningkatkan penghematan daya listrik.

Pemprov DKI Jakarta melakukan pemadaman di sejumlah penerangan jalan umum, fasilitas perkantoran dan ikon-ikon Jakarta, termasuk lingkungan Monumen Nasional (Monas), tetapi puncak Monas tidak dimatikan.

“Tahun ini ada penghematan nilainya Rp 249 juta atau 170 megawatt yang dihemat pada malam hari ini. Naik 9,5 persen,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, dilansir Minggu (25/3).

Lebih lanjut dikatakan, tahun lalu penghematan konsumsi listrik 157 megawatt dengan nilai rupiah Rp 172 juta. Sedangkan emisi tahun 2017, 112 ton karbondioksida, tahun ini menjadi 122 ton karbondioksida. Diharapkan kesadaran hemat energi lebih besar lagi, bukan hanya satu jam, tetapi dalam keseharian.

“Ini akan menjadi catatan rekor kami dan akan kami tingkatkan di waktu yang akan datang,” pungkasnya. (ak/beng)

 

Back to top button