Aktivis Mahasiswa Era 80-90’an Temu Kangen Termasuk Anies Baswedan, Andi Arief dan Fahri Hamzah

Abadikini.com, JAKARTA- Kalangan aktivis mahasiswa era 1980-1990an, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akan menggelar forum temu kangen di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Jumat (2/3) malam.
Ketua Panitia Pengarah Temu Kangen Aktivis Mahasiswa Era 1980-1990an Syahganda Nainggolan di Jakarta, Kamis (1/3/2018), menyebutkan bahwa acara itu digagas oleh dirinya bersama Brotoseno yang pada 1980-an menjabat Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta (FKMY).
Sejumlah mantan aktivis mahasiswa yang pada tanggal 14-15 Januari lalu di Yogyakarta memperingati Peristiwa Malapetaka 15 Januari (Malari) 1974 juga menjadi penggagas forum temu kangen itu.
Syahganda mengatakan ketika rencana dan persiapan acara itu disampaikan kepada Anies Baswedan, langsung mendapat dukungan yang sangat baik.
Apalagi Anies juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki latar belakang sebagai aktivis saat masih pelajar dan mahasiswa.
Saat masih bersekolah di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Anies pernah menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan saat menjadi pelajar di SMA Negeri 2 Yogyakarta, selain menjadi Wakil Ketua OSIS di sekolah itu, Anies juga terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada tahun 1985.
Sementara saat kuliah di Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta, selain aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Anies juga terpilih menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa UGM pada 1992. Selain itu membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa.
Acara forum temu kangen bertema “Menuju Indonesia Berkeadilan Sosial” itu dipersembahkan untuk kehidupan bangsa secara nasional.
Rangkaian acaranya antara lain pidato dari para mantan aktivis mahasiswa termasuk dari Anies, pembacaan puisi, pemutaran video gerakan perjuangan mahasiswa, pemberian hadiah peserta lomba, penganugerahan penghargaan kepada mantan aktivis mahasiswa, pergelaran tarian tradisional dari Aceh, Jawa, dan Papua.
Selain itu akan disampaikan deklarasi para aktivis mahasiswa era 1980-1990an guna menyikapi kondisi bangsa di Tanah Air.
Dilansir Antara, forum temu kangen aktivis mahasiswa itu juga akan menghadirkan mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia Hariman Siregar yang pernah menjadi tokoh sentral dari aktivis mahasiswa dalam Peristiwa Malari 1974.
Peristiwa Malari adalah aksi besar-besaran mahasiswa menentang kedatangan Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka hingga terjadi kerusuhan sosial saat itu.
Selain Hariman Siregar, akan hadir mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia 1986-1988 Erwin Moeslimin Singajuru yang pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada 2009-2014.
Sejumlah aktivis 1998 seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (pernah di Senat Mahasiswa UI dan pendiri Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), Andi Arief (mantan Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bidang Bantuan Sosial dan Bencana), dan Ferry D Juliantono (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra) juga akan hadir, bersama mantan aktivis mahasiswa lain dari berbagai daerah.
Syahganda mengatakan jalan ideologi aktivis 1980-an dan 1990-an adalah perjuangan merebut keadilan sosial dan menentang kebijakan represif rezim Orde Baru.
Mereka pada masanya sering membela kasus-kasus petani, seperti Badega, Kedungombo, Jatiwangi, Cijayanti, Rancamaya, dan banyak kasus sengketa tanah lain yang merugikan rakyat kecil.
Syahganda yang pernah menjadi tokoh utama pergerakan mahasiswa era 1980-an berharap temu kangen ini bisa membangun kembali semangat mewujudkan keadilan sosial secara menyeluruh. (ak/harter)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker