Indonesia Akan Kedatangan Komisariat Tinggi HAM PBB, Apa Saja Yang Akan di Bahas?

Abadikini.com, JAKARTA- Komisariat Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB Zeid bin Ra`ad dijadwalkan akan menyambangi Indonesia pada 5-7 Februari 2018. Tujuannya untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi penegakkan HAM di Indonesia.

“Beliau akan berdiskusi terbatas dengan pemerintah dan Komnas HAM LPSK, Women Human Right, Tokoh Agama dan Ormas lainnya ,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, di Kantornya, Kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (2/2/2018). Kantor Komnas HAM yang berlokasi di Jalan Latuharhary No. 4B Menteng, Jakarta, akan menjadi tempat pertemuan tersebut.

Taufan mengatakan, kunjungan Komisariat Tinggi HAM PBB ini sebagai bentuk penghargaan mereka atas Indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan kepercayaan secara internasional. Dalam kegiatan tersebut akan membahas beberapa hal. 

Lebih lanjut, dia berharap pada pertemuan nanti Komisariat Tinggi HAM PBB dapat memberikan masukan bagi Komnas HAM untuk dapat bekerja lebih baik.

Adapun berbagai isu HAM yang akan dibicarakan pada pertemuan tersebut antara lain, penyelesaian pelanggaran HAM berat, permasalahan HAM di Papua, Intoleransi, diskriminasi terhadap kelompok minoritas, penanganan konflik agraria dan penguatan kelembagaan HAM nasional.Diharapkan, kata Taufan, dengan adanya kunjungan tersebut pemerintah lebih serius dalam melakukan penyelesaian berbagai permasalahan HAM di Indonesia.

“Tujuannya agar Indonesia  tetap kondusif, dan memberikan perlindungan bagi penegak HAM,” tuntasnya.

Sementara itu, Aktivis HAM Indonesia, Haris Azhar melalui akun twitternya mempertanyakan ke publik. Kasus apa saja yang harus diadukan ke KT HAM.

“Komisioner Tinggi HAM PBB akan ke Jakarta. Mnrt anda, Kasus apa saja yg hrs diberitahu ke sang Komisioner?” Tanya Harry dalam akun twitternya pada Sabtu (3/2/2018) (ak/rilis/beng)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker