Kabar Duka, Putra Sulung Fidel Castro Bunuh Diri

Abadikini.com, HAVANA – Putra sulung mendiang Presiden Kuba Fidel Castro, bunuh diri pada Kamis (1/2/2018) waktu setempat, saat diterima media pemerintah.

“Fidel Castro Diaz-Balart, yang telah dirawat oleh sekelompok dokter selama beberapa bulan karena depresi berat, bunuh diri pagi ini,” lapor surat kabar resmi Kuba, Granma seperti dilansir AFP.

Seperti dikutip dari wikipedia, Fidel Castro Diaz-Balart merupakan merupakan anak sulung Fidel Castro dari istri pertamanya, Mirta Díaz-Balart.

Setelah menikahi Mirta pada Oktober 1948, Castro dikarunia seorang putra, Fidel Ángel “Fidelito” Castro Díaz-Balart, yang lahir pada September 1949.

Díaz-Balart menceraikan Castro pada 1955, dan berpindah ke Spanyol, meskipun dikatakan kembali ke Kuba pada 2002 untuk tinggal dengan Fidelito.

Fidelito dibesarkan di Kuba, dan pada suatu masa, ia menjalankan komisi energi atom Kuba sebelum dilepaskan dari jabatan tersebut oleh ayahnya.

Saat Castro berumah tangga dengan Mirta, ia menjalin hubungan dengan Natalia “Naty” Revuelta Clews, yang menganugerahinya seorang putri, Alina Fernández Revuelta. Alina meninggalkan Kuba pada 1993, dengan menyamar menjadi wisatawan Spanyol, dan meminta suaka ke AS, dimana ia mengkritik kebijakan-kebijakan ayahnya. (selly.ak/ant)

Back to top button