Lewat Aplikasi Ini, Pecandu Bisa Mudah Lepas Dari Narkoba

Abadikini.com, JAKARTA- Badan Narkotika Nasional (BNN) menggandeng perusahaan pengembang aplikasi PT Vanaspati Arkananta Widya (VAW), menghadirkan aplikasi digital Dialogue101 sebagai sarana pencegahan penyalahgunaan Narkoba di Indonesia.

Founder VAW, Minardiantomo Suputro menjelaskan aplikasi ini akan membantu masyarakat Indonesia mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai narkoba baik dampak maupun kerugian yang dapat ditimbulkan akibat penyalahgunaan barang terlarang tersebut.

Aplikasi ini, kata Tomy, sapaan akrabnya, juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang terlanjur menggunakan Narkoba untuk berbagi cerita dan berkonsultasi agar terlepas dari pengaruh obat-obatan terlarang tersebut.

“Kebanyakan pemakai Narkoba yang ingin sembuh tidak tahu harus kemana. Di aplikasi ini kami sediakan fasilitas chating 24 jam untuk berkonsultasi yang akan dijawab oleh manusia bukan mesin,” kata Tomy kepada wartawan, Selasa (30/1).

Sementara itu, Kepala BNN Budi Waseso (Buwas) berharap aplikasi ini dapat membantu mencegah penyebaran penyalahgunaan narkoba.

“Sekarang semua orang menggunakan smartphone, dengan jangkauan dan teknologi yang ditawarkan perangkat ini semoga dapat mencegah penyebaran narkoba dengan efektif,” kata Buwas.

Sebagai informasi sepanjang tahun 2017 terdapat ratusan ribu kasus narkoba dimana 70 persen pemakai narkoba merupakan pekerja, 22 persen pelajar dan mahasiswa dan sisanya merupakan pengangguran. Sedangkan kerugian jiwa yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan penggunaan narkoba ini sedikitnya 45-50 orang meniggal setiap harinya dan kerugian materil sebesar Rp 75 Triliun tiap tahunnya.  (ak/rmol)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker