PKS Diprediksi Tidak Dapat Jatah Kursi DPR 2019, Ini Kata LSI

Abadikini.com, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi PKS sebagai salah satu parpol yang diperkirakan tidak mendapatkan jatah kursi di DPR 2019 mendatang. Lalu apa kata kader PKS menanggapi survei tersebut.

“Hasil survei selalu baik untuk jadi cermin dan cambuk bagi PKS. Dan kami memperlakukannya secara proporsional,” kata Mardani dalam keterangan tertulisnya, Kamis (25/1/2018).

“PPP, Nasdem, PKS, PAN, dan Hanura istilahnya masih ngeri-ngeri sedap untuk bisa lolos parliamentary threshold 2019,” kata peneliti LSI Rully Akbar saat merilis hasil surveinya di Kantor LSI, Jakarta saat dikutip Kompas, Rabu (24/1/2018).

Mardani menjelaskan, partai yang memiliki calon presiden atau wakil presiden punya kesempatan lebih bagus untuk menaikkan elektabilitas partai.

“Kajian kami ada band wagon effect atau cocktail effect. Siapa yang punya capres atau cawapres akan mendulang insentif elektoral yang signifikan,” ujar Mardani.

Karena itu, PKS sengaja mengumumkan sembilan nama capresnya beberapa waktu lalu. Dia berharap pengumuman itu berefek pada suara PKS di Pemilihan Legislatif 2019.

“Dan PKS sudah mengumumkan dan meminta sembilan capres atau cawapresnya bekerja keras meningkatkan elektabilitas partai,” kata anggota Komisi II DPR ini.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia Denny JA memprediksi ada lima partai politik yang belum aman untuk lolos dari ambang batas parlemen atau parliamentary treshold sebesar 4 persen. Kelima partai tersebut adalah PPP, Nasdem, PAN, PKS, dan Hanura. (bob.ak/ts)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker