Sinopsis Film Dilan 1990 (2018) yang Diadaptasi dari Novel Populer Karya Pidi Baiq

Abadikini.com – Film Dilan 1990 merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Pidi Baiq yang rilis tahun 90-an. Novel tersebut berisi tentang kisah cinta antara dua orang bernama Dilan dan Milea. Novel tersebut memiliki cerita yang romantis dan menarik tentang anak muda tahun 90-an.

Karena kepopulerannya yang tinggi pada tahun 90-an tersebut, novel ini akhirnya mendapatkan adaptasi ke film layar lebar dengan MAX Picture yang bertanggung jawab atas produksinya. Sementara itu, Fajar Bustomi yang menjadi sutradara dari film Surat Kecil Untuk Tuhan dipercaya menduduki kursi sutradara

Fajar Bustomi pun bertekad menjadikan film Dilan 1990 ini sebagai film bertema remaja tersukses. Ia pun merasa optimis sebab filmnya ini akan diramaikan oleh aktor lintas generasi tahun 90-an dan remaja SMA jaman sekarang.

Para pemeran film pun kebanyakan masih berusia remaja dan kebanyakan dari mereka juga baru saja terjun ke dunia layar lebar, namun ada juga beberapa yang sudah terkenal di mata masyarakat. Salah satu contohnya adalah Iqbaal Ramadhan yang merupakan eks boyband CJR, selain itu ada juga adiki dari Sissy Priscilla yang bernama Vanesha Priscilla.

Proses syuting dari film ini sudah selesai dan dikabarkan hanay memakan waktu singkat, yakni selama sebulan. Film Dilan 1990 ini rencananya akan tayang di bioskop – bioskop Indonesia mulai 25 januari 2018.

Sinopsis Film Dilan 1990

Untuk saat ini memang masih belum ada informasi resmi tentang bagaimana plot film Dilan 1990 ini. Namun jika adaptasi dari film mengikuti dari sumbernya, dalam hal ini novel, maka cerita berfokus pada seorang perempuan yang bernama Milea. Milea adalah seorang murid pindahan dari ibu kota Jakarta dan pada suatu saat ketika ia pergi ke sekolah barunya, ia bertemu dengan seorang laki – laki yang kebetulan masih satu sekolah dengan dia. Laki – laki ini merupakan seorang yang suka meramal dan ia berkata kepada Milea bahwa nantinya mereka akan bertemu di kantin, Milea pun menanggapi perkataan lelaki itu dengan sikap acuh.

Namun lama kelamaan, lelaki tersebut terus saja menghampiri Milea dan hal itu membuat Milea tidak nyaman hingga akhirnya ia memutuskan untuk mencari tahu siapa sebenarnya lelaki tersebut. Setelah ia cari tahu, ternyata lelaki tersebut bernama Dilan. Pada suatu hari sewaktu pulang sekolah, Dilan kembali bertemu dengan Milea dan ia mengucapkan kata – kata yang membuat jantung Milea berdetak kencang.

Dilan berkata bahwa “Milea, kamu itu cantik, namun aku belum jatuh cinta kepadamu. Tapi tidak tahu jika nanti sore, tunggu saja”. Kata – kata tersebut membuat Milea diam sejenak sembari memikirkan pacarnya bernama Beni yang saat itu tinggal di Jakarta

Ternyata Dilan ini memang jatuh cinta kepada Milea dan ia secara konstan terus mendekati Milea dengan cara yang unik, cara – cara tersebut membuat Milea semakin terus memikirkan Dilan. Waktu pun terus bergulir, keduanya pun semakin akrab. Di suatu saat, sekolah Milea mendapatkan undangan untuk mengikuti acara cerdas cermat yang diselenggarakan oleh pihak TVRI.

Hal itu sebenarnya ingin dimanfaatkan oleh Milea untuk bertemu dengan pacarnya Beni, mereka pun berjanji untuk bertemu di TVRI. Namun setelah Milea lama menunggu, Beni masih belum kunjung menampakkan dirinya hingga akhirnya Milea pergi untuk makan bersama teman – temannya.

Namun pada saat makan tersebut, Beni ternyata datang dengan raut wajah emosi sebab melihat Milea yang makan bersama dengan orang lain bukan dirinya, pada saat itu juga hubungan mereka akhirnya berakhir. Walaupun selang beberapa hari kemudian Beni mengajaka berbaikan dengan Milea, Milea masih dengan tegas menolaknya.

Pada suatu hari, Milea bertemu dengan ibu dari Dilan yang ternyata sama asyiknya dengan Dilan ketika diajak ngobrol. Ibunya Dilan pun terus mendorong agar Milea mau berpacaran dengan anaknya. Akhirnya mereka pun resmi berpacaran, bahkan Dilan sampai membuat semacam surat resmi yang dilengkapi dengan materai untuk mengingatnya. Sinopsis diatas merupakan sinopsis dari novel pertama Dilan, dan sebenarnya masih ada lagi lanjutannya namun masih belum dikonfirmasi apakah film Dilan akan mengadopsi kedua novel tersebut sehingga saya putukan untuk berhenti dengan novel pertama terlebih dahulu.

Detail Film Dilan 1990 (2018)

  • Judul : Dilan 1990
  • Produser : –
  • Sutradara : Fajar Bustomi
  • Berdasarkan oleh : Novel Dilan karya Pidi Baiq
  • Musik : –
  • Rumah Produksi : MAX Pictures
  • Distributor : MAX Pictures
  • Tanggal Tayang : 25 Januari 2018

Pemain Film Dilan 1990 (2018)

Aktor / Aktris Peran
Iqbal Dhiafakhri Ramadhan Dilan
Vanesha Prescilla Milea
Zulfa Maharani Rani
Yuriko Angeline Watu
Steffi Zamora Susi
Omar Pian
Refal Hady Kang Adi
Giulio Parengkuan Anhar
Gusti Rayhan Akew
Debo Nandan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker