Federasi Otomotif Internasional Tetapkan Berat Driver Minimum 80 KG di F1 2019

AbadiKini.com – Pada akhir pertemuan yang diadakan di London pada hari Kamis, dilanjutkan dengan pertemuan Komisi F1, FIA (Federasi Otomotif Internasional) memutuskan untuk menetapkan referensi minimum untuk berat  driver sebesar  80 kg. Driver  yang memiliki berat badan lebih rendah harus membawa alas di bawah jok, yang akan melebihi ambang batas ini tidak akan mendapat hukuman apapun.

Bobot total pengemudi plus mobil akan meningkat menjadi 740 kg. Jadi mobil itu harus berbobot 660 kg. Gagasan tersebut muncul dari Kelompok Strategi F1,  dan setelah berdiskusi di Technical Working Group,
sebuah proposal rinci akan dibuat untuk persetujuan akhir, sebagaimana dilansir tuttomotoriweb, Sabtu 20 Januari 2018.

Bobot pengemudi menjadi masalah utama di era mesin V8, ketika mobil-mobil itu berada pada batas ketentuan, dan pengemudi  didorong untuk menurunkan berat badannya.  Masalahnya telah berkurang pada
hari-hari awal mesin hibrida V6, walaupun pengemudi yang lebih berat masih bisa memiliki kelemahan karena mereka memiliki sedikit kemungkinan penyesuaian pemberat.

Mobil-mobil tersebut menjadi lebih berat tahun lalu dengan jalur yang lebih lebar dan roda dan ban yang lebih besar, sehingga berat  mobil dan pengemudi meningkat dari 702 kg menjadi 728 kg untuk tahun 2017.
sedangkan di Untuk tahun 2018, menjadi   734 kg.

Batas 80 kg yang baru berarti bahwa seorang pilot seberat 70 kg akan membutuhkan 10 kg “pemberat kursi” untuk kembali normal. Strategic Group sepakat bahwa 80 kg adalah batas yang dapat diterima untuk pembalap F1 modern, namun siapa pun yang memiliki bobot lebih banyak akan tetap berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

Dalam pertemuan itu juga dibahas a tentang aerodinamika, dengan perubahan pada papan luncur (lebih besar) dan kemungkinan kembalinya sirip belakang yang  dimulai dari tahun depan. Di sisi lain, proposal yang disetujui yakni  untuk penyederhanaan sekat vertikal sayap belakang lebih relevan. Sebagai gantinya, gagasan yang diajukan oleh Ross Brawn, disertai model skala, dari sayap depan yang disederhanakan, ditolak.

Tidak ada variasi, bagaimanapun, mengenai jumlah unit daya yang tersedia. Red Bull telah meminta untuk kembali ke 4 mesin per musim, namun FIA telah menegaskan kembali bahwa hanya akan ada tiga unit mesin  yang boleh, atau tim akan menerima hukuman penalti. (novel.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker