Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Tegaskan Kepala OPD Jalankan Fungsi Pengelolaan Manajemen dengan Baik

Abadikini.com,TANAH DATAR -Dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak terlepas dari fungsi manajemen. Fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan menjadi hal pokok berhasilnya pembangunan yang dicita-citakan. Demikian ditegaskan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di Aula Kantor Bupati, Senin (15/01/2018) usai apel bersama.

Di hadapan seluruh pejabat eselon II dan III se Kabupaten Tanah Datar, Zuldafri  menyampaikan RPJMD Tanah Datar 2016-2021 yang telah disepakati harus “didukung” secara bersama-sama melalui program/kegiatan sehingga target-target akan tercapai di akhir masa jabatan.

Dalam RPJMD Tanah Datar sudah ditetapkan kebijakan umum daerah berupa 4 gerakan terpadu yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan dan pengembangan pariwisata dan peningkatan pelayanan publik. “Gerakan terpadu ini benar-benar dikerjakan secara terpadu antar instansi terkait sehingga hasilnya bisa maksimal,” tegasnya.

Wabup juga beri ilustrasi, pembangunan sektor pertanian tidak hanya menjadi tugas Dinas Pertanian, tetapi perlu sering-sering didiskusikan dengan Dinas PU dan Dinas Koperindag.

“Dinas Pertanian paham tentang bibit, teknologi pertanian dan punya lahan, ini tidak akan berhasil jika tidak mendapat sokongan dari Dinas PU yang akan membantu irigasi serta Dinas Koperindag yang mengembangkan pemasaran serta peningkatan harga komoditi,” ulasnya.

“Sering-seringlah  ketiga kepala dinas ini kumpul bersama, bicarakan hal ini bagaimana pengembangan sektor pertanian Tanah Datar yang menjadi penyumbang PDRB terbesar, tidak perlu formal, bisa dengan ngopi bareng,“ sampai Zuldafri.

Lebih lanjut, Wabup Zuldafri menekankan penting perencanaan yang matang, komprehensif, holistik, terpadu dan terintegrasi atas program/kegiatan OPD. “Perencanaan yang sinergitas antar OPD mulai dari hulu sampai hilir, akan memberi manfaat dan arti yang besar bagi kemajuan daerah,” tutur Zuldafri.

Untuk itu momentum musrenbang nagari yang sudah dimulai pada Januari ini, agar betul-betul diarahkan oleh OPD untuk pencapaian target RPJMD 2016-2021. Wabup minta OPD dibantu Camat agar mengarahkan perencanaan di nagari, mengingat dana yang dikelola nagari sudah sangat besar, secara total minimal Rp. 2 Milyar per nagari.

Suasana Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar/Foto Istimewa

Kepada Kepala OPD yang hadir, Wabup ingatkan untuk selalu membangun suasana kerja yang kondusif sehingga lahir lingkungan kerja yang produktif. “Saya minta seluruh Kepala OPD ciptakan komunikasi dan kondisi yang kondusif di internal masing-masing agar tidak terjadi gejolak, jangan sampai ada yang saling menggembosi, tunjukkan kinerja dan loyalitas yang positif,” tegas Wabup.

Tidak kalah pentingnya, Wabup minta setiap OPD melahirkan inovasi-inovasi baru. “Kita semua telah sepakat, lahir minimal satu inovasi di setiap OPD, inovasi-inovasi akan mempercepat akselerasi pembangunan dan perbaikan kualitas pelayanan publik,” tuturnya.

Wabup juga ingatkan OPD yang menangani pendapatan daerah agar dapat melahirkan inovasi untuk peningkatan pendapatan daerah. “APBD Tanah Datar punya ketergantungan yang tinggi pada kucuran dana pemerintah pusat yakni mencapai 88 persen, baru 12 persen yang bersumber dari PAD, ini yang harus dicari upaya-upaya dan perlu kerja keras mewujudkannya,” pintanya.

Kepala OPD diminta Wabup Zuldafri lebih sering melakukan evaluasi kinerja masing-masing. “Tidak salah kiranya, masing-masing Kepala OPD melontarkan pertanyaan kenapa dan kenapa untuk internal masing-masing, kenapa ini belum maksimal, kenapa ini tidak belum berhasil, ini semua dalam rangka memperbaiki kinerja,” ucapnya lagi.

Di akhir kesempatan, Wabup Zuldafri sampaikan apresiasi kepada OPD beserta seluruh ASN atas raihan prestasi di berbagai bidang tingkat propinsi dan tingkat nasional. “Prestasi-prestasi yang sudah diraih agar bisa kita pertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara Sekda Hardiman dalam pengantarnya menyampaikan rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan pada tahun lalu dan penyempurnaan untuk tahun berikutnya dalam rangka mencapai visi dan misi pembangunan Tanah Datar.

“Tahun 2017 kita jadikan bahan evaluasi perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan pada tahun 2018, kita harus terus berbuat lebih baik dari tahun ke tahun,” sebut Hardiman. Turut mendampingi Staf Ahli Bupati dan Asisten di lingkup pemerintah Kabupaten Tanah Datar. (ak.Zulf/Humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker