Manchester City dan Arsenal Klub Terkaya di Dunia

abadikini.com, LONDON- Klub apa yang paling kaya di dunia saat ini? Pasti banyak yang menduga Barcelona, Real Madrid, atau Manchester United. Salah.

Menurut Soccerex, Manchester City adalah klub paling kuat secara ekonomi alias paling kaya. City menempati posisi teratas dari 100 klub sepakbola yang diberi peringkat oleh Soccerex.

Soccerex, sebuah perusahaan jaringan sepakbola global. Mereka membuat penelitian dan menemukan 100 klub teratas di dunia berdasarkan kekuatan ekonomi.

Mereka menggunakan lima variable yakni pemain, aset tetap, cadangan kas, investasi pemilik potensial, dan utang bersih, untuk memberikan skor keseluruhan berdasarkan hasil keuangan dari tahun 2015-2016.

City, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Abu Dhabi United Group, tidak mengejutkan berada di posisi puncak. Laporan tersebut mengatakan, “Investasi potensial pemilik mereka yang tinggi dilengkapi dengan kinerja yang kuat di masing-masing tingkatan lainnya.”

Arsenal berada di peringkat kedua. “Posisi Arsenal dalam peringkat mengejutkan banyak pihak, mengingat kritik yang diterima klub karena kurangnya belanja di bursa transfer,” tulis laporan itu.

Paris Saint-Germain (PSG), yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments, berada di urutan ketiga, diikuti oleh klub anggota Liga Super Tiongkok, Guangzhou Evergrande.

Peringkat tim Tiongkok sebagian besar disebabkan oleh kekayaan pemilik mereka, Grup Evergrande dan Grup Alibaba.

Tottenham Hotspur berada di posisi lima besar setelah tampil kuat di kelima variabel tersebut. Mereka berada di depan Manchester United, yang finis di urutan ketujuh, sebagian berkat utang bersih Old Trafford yang lebih besar.

Chelsea berada di peringkat kesembilan, namun laporan tersebut mengatakan, perlu dicatat, peringkat mereka dipengaruhi oleh daftar investasi pemilik sebagai pinjaman.

“Jika sebagian besar utang mereka ke Roman Abramovich dicatat sebagai sponsor, seperti halnya dengan klub lain, Chelsea akan naik ke posisi kelima,” kata Soccerex.

Di tempat lain, Real Madrid dan Barcelona masing-masing menempati urutan keenam dan ke-13, sebagian karena model kepemilikan mereka. Mereka dijalankan oleh anggota, yang menurut laporan membatasi potensi investasi kepemilikan mereka.

Sejumlah klub dari luar Eropa membuat daftar tersebut, dengan sembilan klub Tiongkok berada di posisi 100 dan lima teratas dari Amerika Serikat di posisi 30 besar.

David Wright, Direktur Pemasaran Soccerex, mengatakan, “Hasilnya menyoroti bagaimana lanskap sepakbola global telah bergeser selama dua dekade terakhir.” (ak/bs)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker