Pengamat: PDIP Masih Mencari Sosok di Pilgub Jateng 2018

abadikini.com, SEMARANG – Pengamat politik dan pemerintahan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yuwanto menilai PDIP masih meraba-raba dan memilih sosok bakal calon gubernur yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. Menurutnya, PDIP Jateng menghadapi ujian terberat dalam menghadapi Pilkada 2018.

“PDIP juga masih meraba-raba karena mereka juga tersandera dengan ‘status’ Gubernur Ganjar Pranowo sebagai petahan,” kata Yuwanto di Semarang, Selasa (2/1/2018).

Menurut dia, saat ini elite PDIP sedang berusaha mengumpulkan informasi berkaitan dengan prospek status Ganjar. Sebagai petahana, Ganjar memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibanding bakal calon lain yang juga mendaftar ke PDIP sebagai bakal calon gubernur. Selain Ganjar, ia melihat sosok Bupati Kudus Musthofa yang sudah dua periode menjabat.

“Kalau tidak Ganjar ya Musthofa. Ya dua itu saja yang mengembang,” kata Ketua Program Doktor Ilmu Sosial Undip itu.

Ia menilai PDIP Jawa Tengah menghadapi ujian terberat dalam menghadapi Pilkada 2018. Menurutnya, PDIP tidak percaya diri dengan calon internal yang dimilikinya dan masih mencari sosok pemimpin yang tepat di pilgub jateng. Meski demikian, ia meyakini PDIP masih akan tetap favorit dalam Pilgub Jawa Tengah 2018 mendatang.

Sementara itu, DPP PDIP merencanakan untuk mengumumkan rekomendasi bakal calon gubernur dalam beberapa hari ke depan. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya secara bertahap akan mengumumkan bakal calon kepala daerah di beberapa wilayah secara bertahap, yaitu di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua dan sejumlah daerah lainnya, mulai 4 Januari nanti. (leo.ak/ts)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker