Survei: Publik Kepincut Opsi Duet Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019 ??

Abadikini.com, JAKARTA – Hasil survei lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukan responden menyambut baik opsi duet Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di ajang Pilpres 2019.

“Ada keinginan di masyarakat untuk menggabungkan Jokowi dan Prabowo di 2019. Mayoritas setuju,” kata Direktur Utama SMRC Djayadi Hanan dalam paparan hasil survei di kantornya, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Dari survei yang dilontarkan kepada responden mengenai duet tersebut, kata Djayadi, sebanyak 67 persen atau mayoritas responden setuju bila Prabowo dijadikan Cawapres mendampingi Jokowi.

Sementara hanya 28,4 persen yang setuju jika Prabowo menduduki posisi calon presiden dan Jokowi sebagai calon wakil presiden. “Tentu saja ini pendapat masyarakat yang baru mempertimbangkan satu sisi,” kata Djayadi.

Secara keseluruhan, dalam survei SMRC, Jokowi masih menduduki dalam top of mind sebagai sosok calon presiden yang akan dipilih masyarakat pada Pilpres 2019.

Dalam pertanyaan top of mind jika pemiluhan dilakukan saat ini, nama Jokowi menempati posisi tertinggi dengan perolehan suara sebesar 38,9 persen, disusul Prabowo 10,5 persen, Susilo Bambang Yudhoyono 1,4 persen, Gatot Nurmantyo 0,8 persen, Anies Baswedan 0,5 persen, Hary Tanoesoedibjo 0,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 0,3 persen dan Jusuf Kalla 0,3 persen.

Ada pula nama Rizieq Shihab 0,3 persen, Wiranto 0,3 persen, Ridwan Kamil 0,2 persen, Basuki Tjahaja Purnama 0,2 persen dan sisanya berada di angka 0,1 persen. Sebanyak 45 persen responden masih merahasiakan jawabannya.

Begitupula berdasarkan metode semi terbuka, dengan pertanyaan yang sama, nama Jokowi berada di posisi teratas dengan 53,8 persen dan Prabowo mendapat 18,5 persen.

“Dukungan terhadap Jokowi cenderung semakin menguat, sedangkan pada Prabowo sebagai pesaing terdekatnya cenderung melemah,” kata Djayadi.

Jokowi, kata Djayadi, juga unggul jika diposisikan head to head dengan Prabowo, Anies, Gatot maupun Agus Harimurti Yudhoyono.

“Sementara itu, ketika respondn diminta memilih calon wakil presiden, tiga nama mendapat suara terbanyak, yaitu Jusuf Kalla 14,1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 12,7 persen, dan Gatot Nurmantyo 12,2 persen.

Survei nasional SMRC dilakukan pada 7-13 Desember 2017 dengan melibatkan 1.220 responden. Sampel ditarik secara multistage random sampling dengan margin of error 3,1 persen. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker