Politisi Ini Ungkap, PDIP Berkuasa Ulama Ceramah Diperlakukan Seperti Zaman era Orba??

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid mengomentari pembatasan ceramah terhadap Ustaz Abdul Somad. Politikus Gerindra itu mengatakan sekarang pembatasan terhadap ulama yang hendak berceramah sudah mirip dengan kondisi keadaan era Orde Baru ada apa dengan semua ini?.

“Zaman ada Pangkopkamtib (Panglima komando operasi pemulihan keamanan dan ketertiban yang membatasi ceramah dan khotbah,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima JawaPos.com, Minggu (31/12/2017).

Dia menjelaskan, pada era itu ada berbagai pembatasan yang kuat dan represif. Hal itu hampir sama dialami Ustaz Abdul Somad belakangan ini.

“Dalilnya juga sama dan klise, merongrong ideologi negara Pancasila, UUD 1945 dan NKRI,” tuturnya.

Lebih lanjut Sodik mengatakan, pembatasan terhadap ulama yang hendak berceramah merupakan bentuk kemunduran di era reformasi. Sebab, pembatasan itu bertentangan dengan hak asasi manusia (HAM) dan kemerdekaan berpendapat yang tertuang dalam Konstitusi.

Sodik justru melihat ada ironi dalam pembatasan terhadap ceramah ulama akhir-akhir ini. Di era Orde Baru, katanya, banyak umat Islam dan politikus PDI yang menjadi korban aksi represif penguasa.

Namun, justru saat PDI yang kini menjadi PDI Perjuangan berkuasa, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu justru mengulangi yang dilakukan penguasa Orba. “Ketika PDIP berkuasa mereka melakukan apa yang dikerjakan lawannya dulu. Indonesia berputar bahkan mundur ke belakang, bukan maju ke depan,” pungkas Sodik. (leo.ak/jpnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker