Dewan Syariah Kota Surakarta Laporkan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo ke Komnas HAM, Kok Bisa ??

Abadikini.com, SURAKARTA – Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Melaporkan Wali Kota  Surakarta FX Hadi Rudyatmo ke Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) FX Rudyatmo diduga mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengucapkan kalimat ‘Selamat Natal dan Tahun Baru 2018’ secara bersama pada saat apel pagi pada Kamis, (21/12/2017) lalu.

“Ini tindak lanjut dari apa sudah kita laksanakan kemarin, yaitu audensi ke DPRD Surakarta, dan sedang berproses disana dan kemudian secara hukum kita pertegas, memang ada dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Wali Kota Surakarta saat apel pagi hari Kamis,(21/12/2107),” kata Endro Sudarsono, Divisi Advokasi DSKS kepada wartawan di Kantor DSKS, Pajang, Solo, Jumat (29/12/2017).

Sementara itu, Ketua DSKS Dr. Muinudinillah Basri menjelaskan, bahwa pengaduan tersebut bersumber dari akun Facebook Pemkot Surakarta yang di Upload pada Sabtu,(23/12/2017). Menurutnya, nampak ada beberapa yang mengenakan kerudung dan beragama Islam dan mengajak secara bersama-sama untuk mengucapkan Natal dan Tahun Baru 2018, ini jelas merupakan suatu pelanggaran.

“Menurut agama Islam bahwa mengucapkan selamat hari raya besar agama lain selain agama Islam hukumnya haram berdasarkan keputusan Fatwa MUI Jawa Timur tahun 2014,” paparnya. (selly.ak)

Sumber: Jurnal Islam

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker