India akan jadi negara ekonomi terbesar kelima pada 2018

abadikini.com, NEW DELHI – India diperkirakan akan mengalahkan Inggris dan Prancis sebagai negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia tahun depan, ungkap laporan pada Selasa (26/12).

India, yang saat ini berada di urutan ketujuh, akan naik ke posisi kelima pada 2018 dan ke posisi tiga sebelum 2032, ungkap Centre for Economics and Business Research (CEBR), sebuah badan konsultasi yang berbasis di London, dalam laporan peringkat tahunannya.

Perekonomian India mencatatkan nilai terendah selama tiga tahun di kuartal pertama tahun keuangan saat ini, setelah keputusan Perdana Menteri Narendra Modi pada November 2016 untuk menghapus uang kertas bernilai tinggi dan melakukan perombakan pajak.

Pertumbuhannya merosot menjadi 5,7 persen selama tiga bulan yang berakhir pada Juni tetapi meningkat sedikit menjadi 6,3 persen untuk kuartal yang berakhir pada September.

“Meski mengalami penurunan sementara… perekonomian India masih dapat menyusul Prancis dan Inggris dan pada 2018 akan dapat melampaui keduanya untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia,” ujar wakil ketua CEBR Douglas McWilliams.

Energi murah dan revolusi digital akan mendorong pertumbuhan ekonomi global, ungkap laporan itu. Pertumbuhan dunia akan didominasi oleh perekonomian Asia, termasuk India, China dan Jepang, demikian seperti diwartakan AFP. (ak.ant)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker