Beginilah Jawaban Gatot Terkait Mutasi TNI Dianulir

abadikini.com, JAKARTA – Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menanggapi pembatalan mutasi 16 perwira tinggi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Menurutnya, mutasi itu dilakukan berdasarkan hasil keputusan bersama dan disetujui masing-masing kepala staf angkatan.

“Saya sampaikan bahwa, surat keputusan yang saya keluarkan itu adalah hasil sidang bersama-sama. Ditandatangani juga oleh kepala staf Angkatan,” ungkap Gatot usai hadiri Sewindu Haul Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2017).

Mantan orang nomor satu di TNI itu melanjutkan, ia sengaja tidak langsung melantik masing-masing prajurit yang diberikan amanah tugas baru. Dengan harapan memberi kesempatan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk mengevaluasi keputusan Gatot tersebut.

“Namanya evaluasi bagaimana yang terbaik bagi beliau, kan beda pandangan. Sekarang kan saya bukan panglima TNI. Hak prerogatif beliau dong,” imbuhnya.

Sebelumnya, mutasi 85 perwira tinggi yang dipindah, diantaranya 45 perwira tinggi berasal dari TNI AD, 28 perwira tinggi TNI AL, dan 11 dari jajaran perwira tinggi TNI AU, sebelumnya harus dibatalkan oleh Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam keputusan itu diputuskan adanya perubahan pada Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Namun keputusan itu dibatalkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (leo.ak/ts)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker