Untuk Mengetahui Usia, Uji Fleksibilitas Tubuh Anda dengan Gerakan Berikut Ini

abadikini.com, JAKARTA – Setiap orang memiliki fleksibilitas bawaannya sendiri-sendiri. Ini seperti anak-anak yang mudah melakukan gerakan split dan meletakkan kaki di atas kepala mereka. Meski begitu, seiring berjalannya waktu, kita semakin kehilangan fleksibilitas tubuh.

Padatnya jam kerja kantor justru semakin memperburuk kondisi. Kita jadi semakin susah untuk sekadar meluruskan punggung atau menutup resleting belakang gaun.

Dilansir dari Brightside.me, ada lima latihan sederhana yang membantu Anda untuk menguji tingkat fleksibilitas dan menebak kelompok usia Anda.

Sebelum memulai latihan, Anda bisa melompat kecil, jongkok dan mengayunkan kaki.

1. Periksa fleksibilitas sendi bahu |

Jika Anda kesulitan melakukannya, pegang siku dengan telapak tangan di belakang punggung. Rutinlah berlatih agar Anda tidak mengalami gejala bahu beku.
2. Mengukur fleksibilitas tulang belakang |

Jika Anda berhasil meletakkan telapak tangan ke lantai, itu bagus sekali. Hal itu berarti usia Anda tidak lebih dari 25 tahun. Jika Anda belum berhasil meletakkan telapak tangan ke lantai, Anda bisa memulai dengan menyentuh lantai dengan jari-jari.
3. Periksa leher bagian depan dan mengukur fleksibilitas lingkar pinggang |

Jika Anda tidak bisa menyentuh tumit, jangan mencoba terlalu keras. Tekuk punggung ke belakang, topang dengan tangan. Anda pasti bukan remaja lagi.
4. Mengukur fleksibilitas sendi pinggul |

Apabila Anda dapat menyentuh lutut dengan dahi selama 2 menit, berarti usia fisik Anda mendekati usia sekolah. Namun, bila Anda tidak dapat menyentuh lutut atau kaki tanpa sengaja menekuk dan persendian tidak bergerak, berarti otot paha belakang tidak elastis.
5. Mengukur fleksibilitas sendi lutut |

Bila Anda masih muda, latihan ini tidak sulit. Buat langkah kecil, keluar dari posisi push-up, dan lakukan posisi seperti huruf “A”. Setelah usia 30 tahun, Anda akan kesulitan melakukan posisi ini tanpa menekuk siku, lutut dan punggun. Atau bila Anda gagal melakukannya, mungkin usia Anda lebih dari 50 tahun. Anda mungkin tidak suka berolahraga.

    Nah, kira-kira gerakan mana yang sulit untuk Anda lakukan?

     

    (bot.ak/iso)

    Baca Juga

    Back to top button

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker