Inilah Kebijakan Trump Yang Dinilai Gagal Perangi HIV

abadikini.com, WASHINGTON – Di peringatan Hari HIV/AIDS awal desember ini, kelompok advokasi dan aktivis global memperingatkan bahwa kebijakan dan pendekatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dapat menghambat kemajuan di masa depan.

“Kami menghormati orang-orang yang telah kehilangan nyawa mereka terhadap AIDS, kami merayakan kemajuan luar biasa yang telah kami capai dalam memerangi penyakit ini, dan kami menegaskan kembali komitmen berkelanjutan kami untuk mengakhiri AIDS sebagai ancaman kesehatan masyarakat,” kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Namun 38 organisasi advokasi mengajukan sebuah surat kepada para pemimpin kongres pada hari Jumat (1/12/2017) yang menyuarakan keprihatinan mendalam tentang arah yang tampaknya diambil oleh cabang eksekutif dalam menanggapi epidemi HIV / AIDS secara global.

Surat tersebut merujuk pada anggaran yang diajukan Trump, yang akan mengurangi 800 juta dolar AS untuk program seperti Rencana Darurat untuk Bantuan AIDS Presiden (PEPFAR) dan Dana Global untuk Melawan AIDS, Tuberkulosis dan Malaria.

Organisasi tersebut mengungkapkan keprihatinan mendalam mereka dengan mengatakan bahwa tindakan baru-baru ini oleh administrasi Trump telah menyebabkan mereka meragukan komitmen Gedung Putih untuk memerangi epidemi.

Sebuah laporan yang dikeluarkan minggu ini oleh ONE, sebuah organisasi advokasi global, mengatakan bahwa pemotongan anggaran yang diajukan presiden dapat menyebabkan lebih dari empat juta kematian dan 26 juta infeksi baru di sub-Sahara Afrika selama 15 tahun ke depan jika telah diundangkan.

“Perlambatan upaya AS untuk memerangi HIV/AIDS selama tiga tahun dapat membuat respon global kembali sembilan tahun dan menyia-nyiakan sebagian besar 64 miliar dolar AS yang telah diinvestasikan Amerika Serikat selama waktu itu,” kata laporan tersebut.

Padahal, pendanaan dari Amerika Serikat selama ini dinilai sangat penting untuk memerangi HIV/AIDS secara global.

Dimulai pada tahun 2003 di bawah mantan Presiden George W Bush, PEPFAR saat ini memberikan perawatan kepada lebih dari 13 juta orang di seluruh dunia.

Amerika Serikat juga merupakan donor terbesar untuk Global Fund, dan telah memberikan kontribusi lebih dari 13 miliar dolar AS selama 15 tahun terakhir.

Pengurangan bantuan luar negeri Amerika Serikat untuk program ini, kata para pendukung, dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki untuk menghentikan gelombang infeksi baru.

Sementara pemotongan yang diusulkan akhirnya ditolak oleh Kongres, yang belum melewati anggaran akhir, ahli kesehatan dan advokat mengatakan bahwa pergeseran administrasi strategi pencegahan HIV/AIDS mungkin masih memiliki efek buruk bagi 36,7 juta orang yang hidup dengan HIV. Demikian seperti dimuat Al Jazeera. (selly.ak/rmol)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker