Hanya 2 Orang Wanita dalam Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia, Inilah Sosoknya

abadikini.com, JAKARTA – Sudah menjadi tradisi majalah ekonomi terkemuka dunia, Forbes, untuk merilis daftar orang terkaya di berbagai penjuru dunia menjelang akhir tahun.

Dalam daftar 50 Orang Terkaya Indonesia 2017 versi Forbes, mayoritas diisi oleh kaum Adam. Namun, meski sedikit, ada juga sosok wanita yang nyempil.

Dia adalah Arini Saraswaty Subianto (46), orang terkaya Indonesia nomor 37 versi Forbes atau wanita terkaya di Indonesia 2017.

Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai $AS 820 juta atau sekitar Rp11 triliun.

Bisnis utamanya bergerak di sektor pertambangan dan kelapa sawit.

Arini sendiri merupakan putri pengusaha terkemuka, Benny Subianto yang meninggal pada Januari 2017.

Mendiang Benny merupakan salah satu pemilik saham PT Adaro yang tahun lalu masuk dalam peringkat ke-33 orang terkaya di Indonesia.

Arini meneruskan usaha yang dirintis ayahnya.

Dia juga dikenal sangat mencintai buku dan suvenir. Tak heran jika pada 2003 lalu dia menggabungkan konsep suvenir dan buku dalam toko buku Aksara di Jakarta.

Kartini Muljadi.

Sementara urutan kedua wanita terkaya di Indonesia diduduki oleh Kartini Muljadi (87) atau berada di peringkat ke-44 Orang terkaya Indonesia 2017.

Nilai kekayaannya ditaksir Forbes mencapai $AS680 juta atau sekitar Rp9,2 triliun.

Kartini yang sebelumnya berprofesi sebagai Hakim pada akhir tahun 1950-an ini memperoleh kekayaannya dari industri farmasi atau obat obatan.

Kini perusahaan yang dikenal sebagai pemilik merek Bodrex dan Hemaviton ini dijalankan oleh anak kartini, Handojo Slamet Muljadi.

Kartini kini hanya mengawasi jalannya kepemimpinan Handjojo sembari mengontrol bisnis konsultan hukumnya, Kartini Muljadi & Rekan yang didirikan pada 2 Juli 1990. (selly.ak/iso)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker