Euforia dan Pesta Kembang Kembang Api Warnai Kesuksesan Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Korea Utara

abadikini.com, PYONGYANG – Korea Utara (Korut) kembali merayakan keberhasilan uji coba rudal jarak jauh Hwangsong-15. Warga Korut turun ke jalan dan berpesta kembang api.

Harian pemerintah, Rodong Sinmun, menunjukkan foto-foto berwarna di mana ribuan tentara dan masyarakat bertepuk tangan di alun-alun Kim Il Sung.

“Kami sungguh-sungguh merayakan peluncuran uji coba sukses Hwangsong-15 yang menunjukkan kekuatan dan kehebatan Chosun (Korut) ke seluruh dunia,” tulis koran tersebut, dikutip oleh AFP, Sabtu (2/12/2017).

“Hiduplah Jenderal Kim Jong Un yang telah membawa kita pada sejarah baru kenegaraan nuklir yang hebat,” seperti tertulis di spanduk yang dibawa warga.

Wakil Ketua Komite Sentral Pak Kwang-ho mengatakan bahwa dengan uji coba rudal terbaru, tidak ada negara yang bisa melanggar kedaulatan Korut. Dia menambahkan Amerika Serikat (AS) tersentak melihat kemampuan nuklir Pyongyang.

Pada Rabu (29/11/2017) lalu, Korut berhasil melakukan uji rudal balistik antarbenua. Pemimpin tertinggi mereka, Kim Jong-un menyatakan negaranya saat ini telah mencapai negara dengan kekuatan nuklir penuh.

Rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwangso-15 tersebut dilengkapi dengan hulu ledak super besar yang mampu menyerang seluruh daratan AS. (gubr.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker