Gonzales Ditunjuk Latih Timnas Indonesia U-19, Ini Jawaban PSSI

abadikini.com, Jakarta – Setelah tidak lagi masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales, ditunjuk sebagai asisten Timnas Indonesia U-19 mendampingi Bima Sakti yang bertugas sebagai pelatih kepala.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menjelaskan, Gonzales dipilih sebagai asisten karena bisa menjadi inspirasi bagi pemain muda.

“Gonzales bisa menjadi role model secara langsung memotivasi para pemain junior. Ini merupakan keinginan PSSI,” kata Joko Driyono saat dihubungi , Kamis (23/11/2017).

Kendati sudah menginjak usia 41 tahun, Gonzales masih sanggup tampil di level tertinggi. Ia mampu bermain selama 90 menit meski hanya bisa mengoleksi sembilan gol di Liga 1 2017.

Pemain yang akrab disapa El Loco tersebut bukan wajah baru di kancah sepak bola nasional. Ia telah merumput di Liga Indonesia sejak 2003 bersama PSM Makassar.

Pemain kelahiran Uruguay ini tercatat meraih gelar pencetak gol terbanyak Liga Indonesia sebanyak empat edisi. Total 173 gol yang berhasil dikoleksinya.

Ia memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2010 dan sempat menjadi langganan di Timnas Indonesia.

PSSI pun akhirnya melibatkan Gonzales sebagai asisten pelatih Timnas U-19. Mantan pemain Persik Kediri dan Persib Bandung ini diharapkan bisa menerapkan kurikulum filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia).

“PSSI punya program untuk El Loco agar bisa naik jenjang sebagai pelatih dan diformulasikan dengan Direktur Teknik Danur WIndo dan pelatih Timnas Luis Milla,” terang Joko. (bob.ak/cnn)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker