Lima Orang Tahanan di Medan Nekat Kabur dari Penjara Dengan Modal Peniti

abadikini.com, MEDAN – Sebanyak lima orang tahanan yang terjerat berbagai kasus kriminal berhasil kabur setelah merusak gembok sel tahanan Mapolsek Kutalimbaru di Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara pada Senin (20/11/2017) malam. Mereka berhasil meloloskan diri hanya dengan peniti untuk membuka gembok penjara.

Namun, baru sebentar merasakan bebas dari sel tahanan, kelima bandit itu kembali ditangkap polisi pada Selasa (21/11/2017) pagi. Kini mereka kembali dibawa ke Mapolsek untuk dimintai keterangan.

Informasi yang diperoleh, kelima tahanan yang kabur tersebut yakni Irwansyah (29), warga Jalan Bunga Raya Gang Raja, Simpang Selayang, Deliserdang, Benny Indra Pratama (19), warga Jalan Setia Bakti, Kelurahan Sri Gunting, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Alex alias Babe (32), warga Jalan Adam Malik, Kos-kosan Rudang Sibayak, Kelurahan Namo Gajah, Kecamatan Medan Tuntungan, Deliserdang.

Selain itu, ada Candra Gunawan (32), warga Jalan Sakura, Pajak Melati, Desa Tanjung Selamat, Deliserdang dan Supardi (29), warga Jalan Veteran, Pasar IV Gang Hidayah, Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Deliserdang.

Kaburnya kelima tahanan berawal saat Briptu Chritian Capawan tiba ke pos piket jaga untuk memberitahukan kepada Ka SPK II, Aiptu Berlin Panjaitan bahwa tahanan titipan Reskrim yang terlibat kasus penganiayaan yakni M Ridho untuk dikeluarkan dari dalam sel karena pihak korban sudah berdamai dengan pihak M Ridho dan kasusnya sudah selesai.

Lalu, Ka SPK II, Aiptu Berlin Panjaitan menyuruh Ba SPKn Aiptu Elikejen Sianturi untuk mengeluarkan tahanan M Ridho tersebut. Pukul 18.05 WIB, Aiptu Elikejen Sianturi pun mengeluarkan M Ridho dan dibawa Juper, Briptu Christian Capawan ke Ruang Reskrim.

Dan pada pukul 18.15 WIB, tidak lama waktu berselang, Aiptu Berlin Panjaitan yang sedang duduk di pos melihat tahanan lari dengan cara mengendap-endap menuju ke arah Puskesmas Kutalimbaru yang berada disamping Polsek Kualimbaru.

Melihat tahanan kabur dengan melompati pagar Polsek Kutalimbaru, Aiptu Berlin Panjaitan langsung mengejar para tahanan yang kabur seraya berteriak ada tahanan lari kepada personel Polsek Kutalimbaru yang sedang duduk dihalaman Polsek. Melihat itu, personel pun langsung melakukan pengejaran terhadap tahanan yang kabur tersebut.

Menerima informasi tahanan kabur, personel Polrestabes Medan turun ke lokasi dan melakukan pengejaran bersama dengan personel Polsek Kutalimbaru.

“Lima tahanan yang kabur telah tertangkap, dan diamankan kembali oleh gabungan personel Polsek Kutalimbaru dan Polrestabes Medan juga dibantu masyarakat. Hasil interogasi sementara dari pelaku yang sudah tertangkap, Alex, modus operandi para pelaku membuka gembok sel tahanan dengan menggunakan kancing (jarum) peniti,” jelas Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui otak pelaku kaburnya para tahanan itu adalah Chandra Gunawan yang ditangkap di Jalan Ayahanda, Kota Medan pukul 07.15 WIB.

“Chandra diberi tembakan tegas terukur (ditembak) mengenai kaki karena mencoba melawan dan melarikan diri ketika akan ditangkap. Saat ini mereka masih diperiksa lebih lanjut,” pungkas Kombes Rina. (bob.ak/okz)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker