Kapal Perang Amerika Serikat Tabrakan dengan Kapal Komersial dari Jepang

abadikini.com, JAKARTA – Kapal perang Amerika Serikat (AS) bertabrakan dengan sebuah kapal penarik komersial Jepang di Teluk Sagami pada Sabtu (18/11/2017). Ini merupakan kelima kalinya kapal perang dari Armada Pasifik Angkatan Laut ke 7 AS terlibat insiden pada tahun ini.

“Kapal penarik Jepang kehilangan baling-balingnya dan bergerak ke arah kapal USS Benfold dalam sebuah latihan,” begitu dilansir ABC News, Sabtu (18/11/2017).

Kapal penghancur dengan sistem persenjataan rudal berbasis satelit ini mengalami kerusakan minimal. Tidak ada kru yang cedera pada kejadian ini.

Kapal perang USS Benfol, yang masih akan menjalani pengecekan kerusakan, tetap berada di laut. Tim dari Armada ke 7 akan menginvestigasi insiden ini.

Berikut ini daftar insiden yang melibatkan kapal perang AS pada 2017, termasuk dua tabrakan fatal yang melibatkan 17 pelaut meninggal:

 

31 Januari

Kapal perang USS Antietam menabrak daratan di lepas pantai Jepang sehingga merusak baling-balingnya dan menumpahkan minyak ke laut.

Kapal penghancur dengan sistem rudal berbasis satelit ini terdampar dekat pangkalan angkatan laut AS di Yokosuka, Jepang, setelah terkena hempasan angin di laut.

 

9 Mei

Kapal perang USS Lake Champlain, yang juga dilengkapi sistem rudal berbasis satelit, bertabrakan dengan sebuah kapal ikan Korea Selatan di Laut Jepang. Kapal perang ini sedang mengikuti latihan ketika insiden ini terjadi.

 

17 Juni

Sebanyak 7 pelaut AS tewas ketika USS Fitzgerald bertabrakan dengan kapal ACX Crystal berbendera Filipina di tengah laut pada malam hari di lepas pantai Yokosuuka, Jepang. Sebagian kapal tergenang akibat insiden ini. Tujuh pelaut tewas pada kejadian ini karena tenggelam di bagian kapal yang tergenang.

 

21 Agustus

Kapal perang USS John S. McCain bertabrakan dengan kapal komersial Alnic MC di perairan Selat Malaka. Ini mengakibatkan sepuluh pelaut tewas. Kapal dengan sistem senjata rudal berbasis satelit ini sedang dalam kunjungan rutin ke Singapura. Dan insiden dengan kapal komersial Jepang menjadi insiden terbaru. (gubr.ak)

 

 

Sumber: Tempo

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker