Walikota Ali Ibrahim Membuka Pelatihan Pengisian Aplikasi Sistem Informasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

abadikini.com, TIDORE- Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH, Kamis (16/11) pagi, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pengisian Aplikasi Sistem Informasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SILAKIP) di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, yang digelar oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah di Aula Nuku Kantor Walikota.

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim mengatakan, dengan diundangkannya Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, mengamanatkan bahwa setiap kepala daerah wajib menyusun dan menyampaikan Laporan Kinerja Tahunan Pemerintah Daerah kepada Presiden melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Peraturan Presiden tersebut juga menjelaskan bahwa akuntabilitas kinerja pemerintah didefinisikan sebagai perwujudan kewajiban suatu instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah diamanatkan dalam rangka mencapai misi organisasi secara terukur dengan sasaran atau target kinerja yang telah ditetapkan melalui Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang disusun secara periodik.

Dikatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini, merupakan sebuah langkah maju atas hasil penilaian kinerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan oleh Kementerian PAN dan RB, yang mana menunjukan bahwa tingkat kinerja kita masih sangat rendah. Maka itu, melalui Aplikasi SILAKIP ini dapat meningkatkan kinerja kita terutama dalam membantu mengontrol dan mengevaluasi mulai dari perencanaan, pengukuran kinerja dan perbaikan kinerja untuk mewujudkan kinerja Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan yang berorientasi hasil.
Ali Ibrahim berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadi referensi pembelajaran sekaligus sebagai kunci utama dalam peningkatan kinerja Pemerintahan.

“Oleh karena itu, saya berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggungjawab, sehingga dapat menjadi referensi pembelajaran sekaligus sebagai kunci utama dalam peningkatan kinerja Pemerintah Kota Tidore Kepulauan,”ujarnya.

Sementara itu, laporan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, Syofyan Saraha mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada aparatur di Kota Tidore Kepulauan tentang penerapan, pelaksanaan dan pelaporan SAKIP melalui pengelolaan Aplikasi SILAKIP.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai 16 sampai dengan 17 November ini diikuti sebanyak 38 orang Aparatur dari Perangkat Daerah yang menangani laporan kinerja di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Adapun Narasumber yang dihadirkan yaitu Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Setda Kota Bandung, Medi Mahendra yang merupakan pejabat struktural yang menciptakan dan melaksanakan Aplikasi SILAKIP dari Pemerintah Daerah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. (g.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker