Berburu Penerus Gojek, Kominfo Kantongi 44 Startup Potensial

abadikini.com, JAKARTA- Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang memburu startup unicorn baru penerus Gojek, Tokpedia, dan Bukalapak. Sebagai permulaan, mereka telah mengantongi 44 startup yang siap dipromosikan agar ‘naik kelas’.

Dalam sebuah pemaparan singkat, Rudiantara memamerkan daftar 44 startup yang sejauh ini sudah terkumpul. Proses pengumpulan nama tersebut dilakukan oleh Kemenkominfo dengan melibatkan sejumlah pihak termasuk CEO Gojek Nadiem Makarim dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Ada beberapa kualifikasi dalam pemilihan startup tadi, yang pertama adalah sudah melewati masa pendanaan awal (seed funding). Rudiantara mengatakan setidaknya startup tersebut melewati beberapa putaran pendanaan entah itu seri A atau seri B. 

“Artinya sudah punya pasar, validasi pasarnya juga sudah dicek. Jadi cukup punya potensi ke depannya,” ujar Rudiantara saat ditemui di Digital Economics Briefing di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Nama-nama startup yang sudah terkumpul itu berikutnya akan ia bawa berkeliling menemui komunitas investor, baik dari dalam negeri ataupun internasional. Tanihub, Ralali, Female Daily, Agate, Modalku, dan Snapcart adalah contoh segelintir dari 44 startup yang dibidik pemerintah sebagai unicorn.

Sejatinya ke-44 startup tadi sudah dibawa oleh Rudiantara ketika berkunjung ke Silicon Valley, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Mantan anggota komisaris Indosat ini menargetkan pada 2019 nanti Indonesia minimal punya dua unicorn baru, melengkapi tiga yang sudah saat ini.

Unicorn adalah istilah yang diberikan kepada startup digital yang sudah memiliki market capital minimal US$1 miliar. Hanya Gojek, Tokopedia, dan Traveloka yang sejauh ini sudah meraih predikat unicorn di Tanah Air.

Menemukan unicorn baru adalah salah satu cara yang diambil oleh pemerintah untuk mendorong perekonomian digital. Salah satu dampak yang paling kentara dari unicorn adalah penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar dengan waktu yang relatif singkat.  (ak.cnn)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker