Mantan Pimpinan KPK: “Usut Kasus Korupsi E-KTP, KPK Diserang dari Tiga Penjuru”

abadikini.com, JAKARTA – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, mengatakan kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bukan hanya tentang bagaimana anggaran negara dikorupsi, tapi juga tentang serangan balik dari para pihak yang diduga menjadi pelaku korupsi proyek e-KTP.

Bambang mengatakan KPK, yang kini tengah mengusut kasus e-KTP, tak luput dari serangan tersebut. Ia melihat KPK diserang dari tiga posisi. “Lembaganya sendiri, kebijakan antikorupsi, dan orang-orang KPK-nya dihabisi,” katanya dalam lokakarya bertajuk “Jangan Lelah Melawan Korupsi” di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, (10/11/ 2017).

Karena itu, Bambang berpesan agar masyarakat tetap terus mendukung KPK dalam memberantas korupsi, termasuk kasus korupsi e-KTP yang kini masih bergulir. “Saat publik tidak ada di dalam, KPK akan tidak ada apa-apanya,” ujarnya.

Bambang mengatakan korupsi sudah dilakukan mulai perumusan anggaran suatu program. Menurut dia, proses transaksi sudah dimulai sejak saat itu. “Merumuskan anggaran saja sudah ada transaksinya. Itu terjadi jauh sebelum pengadaan barang dan jasa,” ucapnya.

Lokakarya “Jangan Lelah Melawan Korupsi” itu digelar untuk memperingati Hari Pahlawan Nasional 2017. Dalam acara ini, turut hadir juru bicara KPK, Febry Diansyah, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar, Direktur Amnesty International Indonesia Usman Hamid, artis Sophia Latjuba, dan sejarawan Zen R.S. (bob.ak/dk)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker