LSM BARA API Siap Laporkan Pejabat Kemenpan-RB yang Terlibat Pungli CPNS

abadikini.com, JAKARTA – Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Rakyat Anti Korupsi (Bara Api) akan melaporkan mantan pejabat Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Muhammad hannan Rahmadi ke Komisi Pemberantas korupsi (KPK) karena diduga kuat terlibat pungutan liar (pungli) pada tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014.

“Tentu akan kami laporkan semua pejabat yang terlibat soal pungli CPNS 2014, namun saat ini kami masih memerlukan investigasi untuk kelengkapan data pendukung”, Kata Direktur Investigasi Bara Api, Firdaus Robby kepada abadikini.com lewat rilisnya, Sabtu (11/11/2017).

Pria yang akrab disapa bung Robby tersebut juga mengatakan bahwa Pungli dilakukan oleh jaringan yang sangat matang karena diduga kuat melibatkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dengan jumlah uang sekitar 90-150 jt/CPNS.

“Modus pungli tersebut hampir sama dengan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya dengan melibatkan BKN dan BKD”, ujarnya.

Firdaus menambahkan, LSM Bara Api Mengapresiasi atas berjalannya tes CPNS tahun 2017 dengan lancar tanpa masalah seperti yang terjadi di tes CPNS pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami apresiasi kinerja Kemenpan-RB soal penerimaan CPNS 2017 yang berjalan lancar, tidak seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya”, tambahnya.

Firdaus menegaskan, bBara Api juga mendesak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk tegas memberi sanksi administrasi maupun pidana bagi pejabat atau panitia rekrutmen CPNS 2014 yang terbukti melanggar aturan maupun SOP terkait rekrutmen CPNS.

“Untuk memberantas pungli, diperlukan komitmen yang serius dari pejabat Kemenpan-RB untuk memberikan sanksi terhadap pejabat yang terlibat”, tegasnya. (jhn.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker