Sepertinya Ada Sinyal Khusus dari Jokowi untuk Moeldoko Buat Cawapres 2019 ??

abadikini.com, SOLO – Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai wakil keluarga besar mantan gubernur DKI pada pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo, Rabu (8/11/2017) malam memunculkan spekulasi. Sebab, bisa jadi Jokowi sedang melirik Moeldoko untuk masuk ke lingkaran dekatnya.

Itulah analisis yang muncul dari pengamat politik Hendri Satrio dan Ari Junaedi, Kamis (9/11/2017). Hendri menuturkan, Jokowi jelas tak punya hubungan kekerabatan dengan Moeldoko.

Namun, mantan wali kota Surakarta itu justru menunjuk mantan tentara asal Kediri, Jawa Timur itu sebagai wakil pihak keluarga pada resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby. “Ini kode keras dari Jokowi yang akan meminang Moeldoko masuk istana,” kata Hendri.

Dosen di Universitas Paramadina itu menduga Jokowi hendak menarik Moeldoko untuk memperkuat kabinet atau jabatan tertentu di lembaga pemerintahan. “Saya memperkirakan kemungkinan memimpin kementerian,” ujar Hendri.

Analisis senada juga disampaikan Ari Junaedi. Dosen di Universitas Indonesia (UI) itu melihat potensi kebangkitan Moeldoko karena mendapat panggung pada resepsi pernikahan putri kedua Jokowi. “Ini justru mengisyaratkan kebangkitan politik Moeldoko mengingat namanya relatif tenggelam usai pensiun dari orang nomor satu di TNI,” ulas Ari.

Bahkan, kata Ari, bisa jadi Jokowi terpikat pada Moeldoko untuk penugasan penting. Terlebih, Moeldoko yang juga peraih Adhi Makayasa Akabri 1981 itu dikenal mumpuni semasa kariernya di TNI.

“Justru dari gestur Pak Moeldoko saya melihat ada semacam rencana penugasan dari RI- 1 untuk Moeldoko ke depannya. Bisa jadi ini terkait dengan ketidakharmonisan yang terbaca dari luar antara Presiden dengan Panglima TNI,” urai Ari.

Sebelumnya Moeldoko dipercaya sebagai wakil dari keluarga Presiden Jokowi dan besannya untuk membuka resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution di Solo pada Rabu (8/11/2017) malam di Solo. Pada resepsi di Graha Sabha Buana itu Moeldoko menyampaikan sambutan singkat yang sarat makna.

Moeldoko yang didampingi dua putra Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep menyebut seluruh prosesi Kahiyang-Bobby sebagai istana hati. “Sengaja saya menyebut istana hati, karena perhelatan kali ini ternyata sungguh mampu membahagiakan dan membuat banyak pihak senang hati,” ujarnya. (bob.ak/dk)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker