Pengamat Politik: Cak Imin Miliki Modal Politik Sangat Besar Jadi Cawapres 2019

abadikini.com,  JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dinilai memiliki peluang dan modal politik sangat besar untuk diusung menjadi wakil presiden (wapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Cak Imin punya modal politik yang cukup yakni sebagai Ketua Umum PKB. Dan faktanya kini Cak Imin merupakan politikus terkemuka yang berasal dari kalangan kaum Nahdliyin,” kata pengamat politik dan Dosen Pasca Sarjana Universitas Nasional (Unas) Alfan Alfian, Selasa (7/11/2017).

Alfian memaklumi kalau kemudiañ kalangan nahdliyin mendorong tokoh muda muslim potensial seperti Cak Imin menjadi cawapres.

“Saya kira keinginan sejumlah warga Nahdatul Ulama (NU) untuk mencalonkan Cak Imin sudah tepat,” katanya.

Apalagi, lanjut Alfian, pada saat ini Cak Imin adalah sosok terdepan dalam barisan politikus yang berasal dari kalangan NU.

“Posisi Cak Imin semakin berarti karena dukungan dari embaga PBNU tidak punya masalah berarti. Secara kelembagaan dia tidak punya resistensi yang besar. Bahkan, dalam periode pemerintahan sekarang peran Cak Imin terlihat memainkan posisi kunci. Dan hebatnya lagi dia pun kini sudah bergelar doktor honoris causa. Ini jelas menjadikan Cak Imin memiliki nilai lebih,” tuturnya.

Meski begitu, menurut Alfan, dorongan kuat untuk memajukan Cak Imin sebagai calon wakil presiden akan tergantung sinyal dan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bila Presiden Jokowi mengirimkan sinyal tersebut maka Cak Imin bisa dipastikan menjadi wakil presidennya. Jadi sebelum ada putusan akhir menjelang Pemilu nanti, maka tepat bila Cak Imin kini sudah dicalonkan sebagai calon wakil presiden,” tegas Alfian.

Alfian berkata, tugas Cak Imin kini adalah mengetes situasi pasar politik. Apakah dukungannya semakin membesar atau stagnant.

“Melihat maraknya dorongan kalangan NU maka peluang tersebut sepertinya àkan semakin membesar,” tandasnya. (leo.ak/jpnn)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker