Dengan Setelan Pakaian Adat Jawa Berwarna Hijau, Jokowi Sambut Rombongan Seserahan Keluarga Bobby

abadikini.com, SOLO – Usai berbusana serba oranye saat prosesi siraman tadi pagi, keluarga Presiden Jokowi kompak mengenakan busana hijau saat menjalani prosesi malam midodareni pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, pada Selasa (7/11/2017) malam.

Berdiri tak jauh dari Jokowi, kedua putranya Gibran dan Kaesang juga mengenakan busana yang hampir senada.

Menurut pernikahan adat Jawa, Midodareni adalah proses menjelang acara akad nikah, yang berasal dari kata widodari yang dalam bahasa Jawa bermakna bidadari. Konon, pada malam itu bidadari turun ke bumi dan bertandang ke rumah calon mempelai wanita untuk ikut mempercantik calon pengantin wanita.

Sebelum midodareni yang berlangsung di kediamannya di Solo, Jokowi sempat memberi sambutan di hadapan publik dan media. Di antaranya ia menyinggung soal harapan semoga Kahiyang-Bobby bisa membangun keluarga bahagia, sakinah dan langgeng.

Sementara, dalam proses hantaran, perwakilan keluarga besar Bobby Nasution datang dalam jumlah cukup besar, yakni sekitar 100 orang lebih. Bobby tampak mengenakan busana tradisional dari daerah asalnya, Medan, dilengkapi kopiah yang juga bermotif senada dengan pakaiannya. Sementara, rombongan perempuan dari keluarga Bobby mengenakan busana berwarna fuchsia.

 

Malam Midodareni, Jokowi Berbusana Hijau Sambut SeserahanSeserahan di malam midodareni pernikahan Kahiyang-Bobby. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

 

Seserahan yang disebutkan berjumlah ganjil, atau 27 buah, ditempatkan dalam kotak khusus dengan penutup transparan. Di antaranya seserahan itu ada berupa pakaian, kosmetik, perhiasan, makanan, dan lainnya.

Dalam proses midodareni, keluarga masing-masing pengantin bertemu. Namun, Bobby tidak bisa menemui Kahiyang. Selain menerima seserahan, orangtua calon pengantin wanita akan kembali mempertanyakan ‘kemantapan’ putrinya untuk menikah.

Proses seserahan berlangsung tak lama. Setelah hampir dua jam, sekitar pukul 21:00, prosesi ini selesai. Namun, Kahiyang sendiri kemudian disebutkan mesti terjaga hingga tengah malam seperti disayaratkan dalam prosesi midodareni.

Menurut Tienuk Rifki, penata adat tradisional, dalam siaran langsung CNN Indonesia TV, keterjagaan Kahiyang ini mengusung makna tersendiri. Ada kepercayaan bahwa bidadari turun di malam menjelang pernikahan.

Untuk midodareni, kata dia, biasanya kedua orangtua calon pengantin wanita mengenakan batik motif sido luhur atau sido mulyo. Sementara, khusus untuk calon pengantin wanitanya mengenakan busana polos tanpa perhiasan berlebihan.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan melangsungkan akad nikah pada esok hari, Rabu (8/11/2017) diikuti dengan resepsi pernikahan yang terbuka buat tamu undangan di siang dan malam hari. (gubr.ak)

 

Sumber: CNN Indonesia

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker