Terungkap Inilah Sosok Yang Pernah Ingin Bunuh Vladimir Putin

abadikini.com, KIEV – Seorang pria asal Chechnya yang dituduh merencanakan pembunuhan terhadap Presiden Rusia Vladirmir Putin terluka parah dalam sebuah serangan yang terjadi di dekat Ibu Kota Ukraina, Kiev. Adam Osmayev mengalami luka cukup parah, setelah mobil yang dikendarainya ditembaki.

Penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Herashchenko mengatakan dalam serangan tersebut, istri Osmayev pun ikut terbunuh. Disebutkan bahwa istri Osmayev bernama Amina Okuyeva, meninggal dalam serangan di Desa Hlevaha.

Diberitakan BBC, Selasa, 31 Oktober 2017, pada tahun 2012 lalu, pejabat Rusia mengatakan bahwa Osmayev dicurigai sebagai bagian dari sebuah rencana oleh kelompok militan Islam untuk membunuh Presiden Putin.

Media Rusia melaporkan bahwa saat itu komplotan militan berencana untuk menanam ranjau di Kutuzovsky Avenue di Moskow, lokasi yang biasa didatangi Putin setiap hari.

Rusia kemudian sudah meminta Ukraina untuk menyerahkan Osmayev yang kemudian ditolak oleh Kiev. Pihak Ukraina mengatakan bahwa mereka ingin menunggu sampai Pengadilan HAM mempertimbangkan banding terhadap ekstradisi.

Pasangan tersebut, Adam Osmayev dan istrinya merupakan tokoh aktivis terkenal di Ukraina setelah berjuang sebagai relawan untuk militer Ukraina melawan pemberontak pro-Rusia di bagian timur negara tersebut.(leo.ak/viva)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker