Sandi: Kalau Proyek Reklamasi Batal, Kira-Kira Mau Diapakan Pulaunya?

abadikini.com, JAKARTA- Niat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta buat menghentikan proyek reklamasi nampaknya sudah bulat. Dalam beberapa kesempatan, baik Gubernur Anies Baswedan maupun Wagub Sandiaga Uno terus menyuarakan penolakan proyek tersebut.

Muncul pertanyaan, kalaupun sampai nanti batal, bagaimana nasib-nasib pulau yang sudah kadung direklamasi. Plus keberadaan bangunan-bangunan yang sudah didirikan.

“Kami sudah memutuskan untuk menghentikan reklamasi, yang jadi menarik mau diapakan yang sudah terbangun,” kata Sandiaga, usai diskusi bertajuk Untung Rugi Reklamasi, di kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (29/10) Kemarin.

 

Pemanfaatan lahan proyek reklamasi yang sudah terlanjur dibangun, kata dia, harus diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup untuk dilihat kajian mengenai berapa banyak lapangan pekerjaan, dan lain sebagainya untuk masyarakat.

“Pemikiran dan pemanfaatan dan untuk siapa lapangan kerja tersebut. Pendidikan seperti apa untuk Jakarta Utara,” ujarnya.

Dikatakan Sandiaga, seluruh proses tak hanya analisa dampak lingkungan, seluruh proses reklamasi harus dilakukan dengan transparan dan terbuka.

Namun, tambah Sandiaga, pihaknya belum menerima perkembangan terkini terkait megaproyek tersebut. Pertemuan yang digelar dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu juga belum membahas mengenai hal itu.

“Belum ada update di dua pertemuan maupun pertemuan presiden maupun wakil presiden. Isu reklamasi ini belum diangkat sama sekali,” pungkasnya (ak.jawapos)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker