Kota Tidore Kepulauan Raih Peringkat Pertama Kinerja Pemerintahan Terbaik Se-Maluku Utara dari Kemendagri

abadikini.com, TERNATE – Kota Tidore Kepulauan berhasil meraih peringkat pertama se Provinsi Maluku Utara atas Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2016.

Hal tersebut berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi Maluku Utara yang disampaikan oleh ketua Tim Tehnis dari Kementrian Dalam Negeri RI dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat, Parlin Jumanto, di Vellya Hotel, Ternate, Kamis (26/10/2017) lalu.

“Kota Tidore Kepulauan berhasil mencapai nilai 3,2426 dan kembali menghuni peringkat pertama setelah tahun 2015 berada pada peringkat kedua”, ujar Parlin Jumanto di Ternate, Kamis (26/10/2017).

Parlin Jumanto menjelaskan bahwa Evaluasi ini dilakukan dengan cara menghitung dan menilai indeks komposit terhadap dua variabel utama, yaitu indeks capaian kinerja Pemerintah Daerah dan indeks kesesuaian materi.

“Indeks Capaian Kinerja terdiri dari penilaian pada tataran pengambil kebijakan dan pelaksana kebijakan. Aspek pengambil kebijakan meliputi 13 aspek, yaitu ketentraman dan ketertiban umum, keselarasan dan efektivitas hubungan antara Pemda dan Pemerintah, keselarasan kebijakan Pemda dan Pemerintah, efektivitas pengambil keputusan oleh DPRD, efektivitas proses pengambil keputusan oleh Kepala Daerah, ketaatan pelaksanaan penyelenggaraan Pemda pada perundang-undangan, intensitas dan efektivitas proses konsultasi publik, transparansi pemanfaatan DAU, DAK dan bagi hasil, efektivitas dan transparansi pungutan PAD, efektivitas perencanaan, penyusunan pengawasan APBD, pengelolaan potensi daerah, sampai penilaian pada terobosan inovasi baru”, jelasnya.

“Sedangkan aspek pelaksana kebijakan daerah terdiri dari 9 aspek, yaitu kebijakan teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan, ketaatan terhadap peraturan, tingkat capaian SPM, penataan kelembagaan daerah, pengelolaan kepegawaian daerah, perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan dan barang daerah sampai fasilitasi terhadap partisipasi masyarakat”, sambungnya.

Dari kedua aspek tersebut, Tim tehnis mengantongi hasil EKPPD sebagai berikut:

No Kab/Kota Skor Prestasi
1. Kota Tidore Kepulauan 3,2426 Sangat Tinggi
2. Kab. Halmahera Utara 3,094 Sangat Tinggi
3. Kota ternate 3,0755 Sangat Tinggi
4. Kab. Kepulauan Sula 3,0345 Sangat Tinggi
5. Kab. Halmahera Selatan 3,0267 Sangat Tinggi
6. Kab. halmahera Barat 2,8212 Tinggi
7. Kab. halmahera Tengah 2,7446 Tinggi
8. Kab. Pulau Morotai 2,6088 Tinggi
9. Kab. Halmahera Timur 2,2616 Tinggi

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan, Saleh Mahifa menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemda Kota Tidore Kepulauan  yang telah melakukan kerjasama yang baik dalam menyusun laporan.Menanggapi prestasi ini, di tempat terpisah Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH mengharapkan pencapaian ini harus dipertahankan dan terus berbuat lebih baik dan kedepannya, “agar LPPD ini pada semua tingkatan harus tepat waktu, dan disusun secara professional dengan merujuk apa yang telah ditetapkan pemerintah pusat,” harap Ali Ibrahim.

“Ini adalah peningkatan yang baik dari tahun kemarin rangking kedua se Malut dan secara nasional 58, tahun ini peringkat pertama Malut dan diharapkan bisa terus naik untuk tingkat nasional”, pungkas Saleh Mahifa. (g.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker