Waduh, Jerman Tolak Akui Kemerdekaan Catalunya

abadikini.com, CATALUNYA- Jerman pada Rabu mengatakan mendukung pemerintah Spanyol dalam persengketaan Madrid dengan para separatis di Catalunya dan Jerman tidak akan mengakui kemedekaan hasil pemungutan suara oleh parlemen Catalunya.

Juru bicara pemerintah Jerman Steffen Seibert mengatakan Berlin memperhatikan perkembangan situasi tersebut dengan keprihatinan. Pemerintah Jerman menganggap bahwa pernyataan kemerdekaan secara sepihak merupakan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip kedaulatan dan kesatuan wilayah Spanyol.

Pemerintah Spanyol pada Jumat menerapkan pemerintahan langsung terhadap Catalunya, menggugurkan status ekonomi wilayah itu kurang dari satu jam setelah parlemen Catalunya menyatakan kemerdekaan wilayah tersebut.

“Pemerintah Jerman tidak mengakui pernyataan kemerdekaan seperti itu,” kata juru bicara.

Ia menambahkan bahwa Berlin mendukung “sikap jelas” Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy dalam upayanya mengembalikan ketertiban ketenangan dan ketertiban.

“Kami berharap bahwa semua pihak terkait akan memanfaatkan kemungkinan yang masih ada untuk melakukan dialog dan menurunkan ketegangan,” tambahnya dilansir Reuter. (ak.ant)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker