Hari Ini Kapal Selam KRI Nagapasa 403 Tiba di Pangkalan Koarmatim Surabaya

abadikini.com, SURABAYA – Kapal selam baru milik TNI AL yang dipesan dari Korea Selatan (Korsel) tiba hari ini di Surabaya, Senin (28/8/2017)

Kapal selam itu diberi nama KRI Nagapasa 403 dengan harapan dapat mempertebal mental dan semangat bertempur para awaknya. KRI Nagapasa dikomandani oleh Letkol Laut (P) Harry Setiawan, alumi AAL angkatan 43.

Nagapasa diambil dari nama panah milik Indrajit alias Megananda, putra mahkota negara Alengka. Bila Nagapasa dilepaskan maka munculah ular mahewu-hewu (tidak terbilang). Binatang berbisa itu lalu dengan ganas akan menyerang musuh. Siapapun yang tergigit akan lumpuh lalu mati.

Mengapa pesan dari Korsel? Selain bisa melakukan transfer teknologi, juga karena pertumbuhan AL Korsel dengan Indonesia relatif sama.

“KRI Nagapasa ini dari sisi teknologi kelasnya sama dengan U 209, desainnya barat tapi teknologinya Asia,” tandas KASAL Laksamana TNI Ade Supandi di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya.

KRI Nagapasa 403 merupakan kapal selam diesel electric, bukan bertenaga nuklir. Kapal selama diesel electric sengaja dipesan karena biaya operasionalnya yang relatif lebih murah. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker