Kualitas Lada Putih Bangka Belitung Terbaik di Dunia

abadikini.com, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengklaim kualitas lada putih daerah itu terbaik di dunia, karena memiliki aroma khas dan cita rasa yang pedas.

“Saya berani katakan lada putih daerah ini lebih baik dibandingkan Vietnam,” kata Kepala Dinas Pertanian Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Kamis (24/8/2017).

Ia menjelaskan Kepulauan Babel merupakan salah satu penghasil dan pengekspor utama lada putih di dunia, karena memiliki cita rasa dan aroma yang baik.

“Saat ini yang menjadi masalah, bagaimana cara memenuhi permintaan pasar dunia yang tinggi tersebut,” ujarnya.

Toni mengakui sejak 2008 hingga 2010 hasil lada putih petani mengalami penurunan yang cukup drastis, karena petani beralih menambang bijih timah.

Dalam kurun waktu tersebut, kontribusi lada Indonesia di pasar dunia juga semakin menurun, misalnya, ekspor lada 2010 hanya 5.109,50 ton atau terjadi penurunan sekitar 85,1 persen dibandingkan ekspor pada selama periode 2000 hingga 2008.

“Saat ini produksi dan ekspor lada putih ini sudah mulai membaik, seiring petani kembali bergairah mengembangkan usaha perkebunan komoditas tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia diharapkan petani untuk terus bersemangat memperluas lahan, merawat tanaman lada putihnya, agar mendapatkan hasil yang optimal.

“Kami sering mendapatkan laporan dari ekportir yang kesulitan memenuhi permintaan pasar ekspor yang tinggi dan ini menandakan lada putih daerah ini sangat diminati masyarakat dunia,” ujarnya. (ant/ara/adm.ak)

Sumber: Serujambi

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker