Antisipasi Mogok Sopir Angkot, Polri dan TNI Siap Angkut Warga

abadikini.com, CIREBON – Kepolisian dan TNI serius menyikapi rencana mogok kerja para sopir angkot. Mereka akan menyiapkan kendaraan untuk mengangkut warga jika aksi mogok ini benar-benar dilakukan.

Langkah itu diambil aparat keamanan guna meminimalisasi penumpukan warga di jalan raya, terutama para pelajar.

Kapolres Cirebon Kota  AKBP Adi Vivid AB SIk MHum MSM mengatakan, untuk antisipasi jika ada mogok angkutan umum, Polres Cirebon Kota sudah menyiapkan personel keamanan dan kendaraan. Bahkan mereka akan siaga sejak pagi. “Pukul 06.00 kita sudah siaga,” kata kapolres Kota Cirebon AKBP Adi Vivid, Selasa (15/8/2017)

Terkait kendaraan, Adi Vivid mengatakan pihaknya menyiapkan 2 truk Dalmas, 1 bus, serta seluruh kendaraan patroli roda 2 dan roda 4. “Semua kita siagakan. Juga dibantu kendaraan operasional dari Kodim, Arhanud, Brimob dan Lanal Kota Cirebon,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon Drs H Atang Hasan Dahlan berharap aksi mogok itu tidak terjadi. “Kalau semua angkot tidak beroperasi, masyarakat juga dirugikan. Kasihan mereka yang akan beraktivitas menggunakan angkot,” kata Atang Hasan, Senin (14/8/2017).

Selain itu, lanjut Atang, aksi tersebut hanya akan merugikan pengemudi angkot itu sendiri. Untuk itu, Atang menyatakan pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait agar suasana Kota Cirebon tetap kondusif.

Dalam hal ini, Dishub sudah bertemu dengan Organda Cirebon agar tidak menyampaikan aspirasi dengan cara mengerahkan massa banyak.

Lebih baik, lanjut Atang,  memberbaiki kota berikut seluruh angkutannya. Sejauh ini, Dishub Kota Cirebon sudah melayangkan surat kepada perusahaan transportasi online baik mobil maupun motor, agar tidak beroperasi sementara. Karena sampai saat ini mereka belum mengantongi izin.

Hanya saja, Atang sendiri masih melihat adanya pengemudi angkutan transportasi online yang masih tetap beroperasi. Pada sisi lain, Atang berharap semua pihak baik transportasi online maupun konvensional, berupaya mencari nafkah halal untuk keluarga. (as.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker