Hitungan-Hitungan Reshuffle Kabinet III, Head to Head PAN vs PKB

abadikini.com, JAKARTA – Kabinet Kerja di bawah Pemerintahan Presiden Jokowi pertama kali dilantik pada tanggal  27 Oktober 2014, kemudian Reshuffle Jilid satu dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2015, Reshuffle kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2016.

Jarak sejak dilantik sejak awal hingga reshuffle pertama adalah 9 bulan 16 hari, jarak waktu reshuffle pertama dan kedua adalah 11 bulan 15 hari. Yang menarik pemilihan tanggal yang nampaknya favorit yaitu tanggal 27 dan 12.

Apakah Presiden Jokowi akan mengumumkan reshuffle dalam waktu dekat? Misalnya, Sabtu (12/8/2017) minggu depan atau bisa jadi akhir bulan Agustus setelah perayaan HUT kemerdekaan yakni hari Minggu (27/8/2017).

Kapan dan dimana pengumuman reshuffle kabinet ketiga akan dilangsungkan tentu masih menjadi tanda tanya besar bagi kita semua.

Melihat isu-isu strategis yang beredar akhir-akhir ini nampaknya akan ada evaluasi mendalam terhadap para anggota Kabinet Kerja khususnya yang berasal dari partai politik.

Biasanya Presiden Jokowi akan memberikan reward and punishment tidak hanya berbasis kinerja dan capaian anggota kabinet semata melainkan juga berbasis pada loyalitas dan soliditas partai politik yang bersangkutan dalam mendukung kebijakan-kebijakan strategis pemerintahan Presiden Jokowi.

Tampaknya PAN akan menjadi target utama dalam reshuffle kabinet kali ini. Sekalipun baru bergabung dan hanya memiliki satu jatah kursi kabinet. PAN dinilai cukup liar dan mbalelo dalam menyikapi sejumlah momentum politik dan juga beberapa kebijakan strategis pemerintahan Presiden Jokowi.

Sebaliknya bagi PKB, PKB dinilai sukses mengawal kepentingan strategis Presiden Jokowi berupa presidential threshold yang telah disahkan dalam UU Pemilu terbaru. Pansus RUU Pemilu yang diketuai oleh politisi PKB Lukman Edy sukses menggolkan 20-25 persen ambang batas pencapresan pada Pilpres 2019.

Apakah Presiden Jokowi akan mengamputasi PAN dari kabinet dan kemudian membalas budi baik PKB? Wallahu’alam. (beng.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker