Presidium Alumni 212 Gelar Aksi Protes Terhadap Perppu Ormas

abadikini.com, JAKARTA – Presidium Alumni 212 akan menggelar aksi pada hari ini, Jumat (28/7/2017). Aksi yang digelar usai shalat Jumat ini untuk memprotes Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Selain itu, Presidium juga akan mengawal sejumlah ormas yang akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atau judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Alasan yang pertama berkenaan dengan pembubaran ormas. Kita mengkhawatirkan betul kalau Perppu nomor 2 tahun 2017 ini terus bergulir maka akan muncul rezim diktator baru. Kedua, pidana ini yang membahayakan ormas Islam, tidak bisa dipungkiri korban pertama adalah ormas Islam. Maka kami sangat perhatian,” kata Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif dalam konferensi pers di Masjid Al-Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2017).

Slamet menegaskan aksi ini akan berjalan dengan damai. Dia mengatakan di aksi itu akan disampaiakan pendapat, ide. Diungdang juga Alumni 212, sehingga diperkirakan massa mencapai 5-10 ribu orang.

“Aksi ini kita tegaskan adalah aksi damai, kita. Kedamaian kita jaga, hanya menyampaikan pendapat ide dan ada para alumni 212. Perkiraan massa mencapai 5-10 ribu karena semua alumni 212 kita undang,” kata Slamet.

Sementara itu ustaz Bernad selaku koordinator lapangan pada aksi 287 nanti menjelaskan rute yang akan dilalui massa. Titik kumpul massa berada di Masjid Istiqlal dan diawali dengan shalat Jumat di sana.

“Kegiatan ini titik kumpul kita di Masjid Istiqlal dan semua insyaallah akan melaksanakan shalat Jumat. Lalu kita akan long march melalui pintu Monas dan akan sampai ke depan Patung Kuda,” ungkap Bernard. (as.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker