Israel Cabut Seluruh Alat Detektor di Kompleks Al-Aqsa

abadikini.com, YERUSALEM – Setelah sepekan lebih bentrok, Israel akhirnya setuju mencabut semua alat pendeteksi logam di pintu-pintu Masjid Al-Aqsa.

Hal itu disampaikan otoritas Israel sebagaimana dilansir laman BBC, Kamis (27/7/2017). Seluruh peranti deteksi tak lagi digunakan menyusul dicabutnya penggunaan detektor logam beberapa hari silam.

Israel menyatakan, mereka sepenuhnya kini menyerahkan kepada pemimpin Yerusalem jika memang tetap ingin melakukan boikot terhadap kompleks tersebut. Disebutkan, umat muslim kini juga sudah boleh memasuki masjid dengan bebas.

Krisis Al-Aqsa dimulai dengan tewasnya dua polisi Israel di kompleks tersebut sekitar dua pekan lalu. Hal itu memicu Israel melakukan penutupan kompleks.

Setelah kembali membuka kompleks, ternyata dilakukan pembatasan dan para jemaah boleh masuk melalui pemeriksaan detektor logam. Hal ini memicu protes dan menyebabkan terjadinya bentrokan yang menyebabkan korban tewas hingga luka-luka dari pihak Palestina.

Israel kemudian menangguhkan penggunaan detektor logam. Hal itu diputuskan setelah PM Israel Benyamin Netanyahu mengambil voting dalam rapat kabinet. (as.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker