Sensasi Ragusa Es Italia, Kedai Es Krim Tertua di Jakarta

abadikini.com, JAKARTA – Es krim adalah makanan yang disukai hampir oleh semua kalangan usia. Namun siapa yang tahu kalau es krim sudah masuk ke Indonesia jauh sebelum Indonesia merdeka dari penjajahan kolonial.

Di Jakarta ada salah satu kedai es krim legendaris yang telah buka sejak tahun 1932. Betapa tuanya usia kedai es krim yang telah dibuka 13 tahun sebelum kemerdekaan Indonesia diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta.

Ragusa Es Italia bisa disebut sebagai perintis es krim di Jakarta, bahkan di Indonesia. Kini kedai es krim tertua di Jakarta ini telah berusia 85 tahun. Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa.

Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan. Baru tahun 1947 Ragusa menetap tak jauh dari Masjid Istiqlal, yakni di Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat.

Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana. Jangan lupakan es krim spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spaghetti Italia yang tersohor.

Es krim spagheti dan Tutti Frutti, salah satu es krim andalan Ragusa Es Italia.

Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala. Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia. Harga es krim di Ragusa mulai Rp 15.000 sampai Rp 35.000.

Interior klasik ala Ragusa Es Italia.

Pada hari tertentu terkadang banyak oma-oma dan opa-opa yang duduk-duduk santai sambil menikmati es krim Ragusa membuat para pelanggan setianya ini seolah kembali bernostalgia mengingat masa kecil.

Jika Anda sedang berada di Jakarta dan berada di sekitaran Monas atau Masjid tak ada ruginya untuk meluangkan waktu mencicipi sensasi es krim klasik di  Ragusa Es Italia. (beng.ak)

 

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker