17 Tim Luar Negeri Akan Ambil Bagian di Tour de Flores 2017

abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya beserta Wakil Gubernur NTT Benny Alexander Litelnoni, Staf Khusus Presiden Gorries Mere, Anwar Puageno Ketua DPRD Prov. NTT, Bupati Manggarai Deno Kamelus, Bupati Manggarai Barat Agustinus CH, Agustinus Payung Boli, Wakil Bupati Flores Timur, Wakil Bupati Ende, Djafar H. Achmad, Chairman Tour de Flores, Primus Dorimulu, dan Djadi Rajagukguk secara resmi launching event Tour de Flores #PesonaTDF2017 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Rabu, (5/7/2017).

Arief Yahya mengatakan, even balap sepeda bertaraf internasional Tour de Flores (TdF) 2017 kali ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena banyak kombinasi acara seperti ada gerakan sejuta cangkir kopi Flores. TDF Flores akan mengambil start dari Larantuka hingga finis di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama sepekan 14-19 Juli 2017.

“TdF kali ini akan berbeda dari tahun sebelumnya. Kombinasi acara untuk even kali ini semakin banyak. Kalau tahun lalu hanya sport saja, tahun ini akan diadakan festival budaya, gerakan sejuta cangkir kopi Flores dan ada Lomba foto instagram untuk Pesona Flores/Wonderful Flores. Ada juga selfie dan lomba selfie untuk Wonderful Land Best Spot,” ucap Arief di jakarta, Rabu (5/7/2017) kemarin.

Arief menyebut TdF kali ini akan sangat penting untuk mempromosikan Labuan Bajo ke seluruh penjuru dunia.

Ini sekaligus mempersiapkan Labuan Bajo sebagai destinasi yang akan ditawarkan saat Annual Meeting IMF World Bank 2018.

“Sport tourism itu media value-nya sangat tinggi. Lebih tinggi daripada direct impact sekitar sepuluh persen berbanding 90 persen untuk media value. Jadi, kalau mau menjual acara media value-nya harus sangat tinggi. Lalu yang kedua, karena akan diadakan Annual Meeting IMF World Bank pada 2018, saya lebih fokus juga menggarap Labuan Bajo secara infrastruktur agar siap menerima delegasi dari IMF nantinya,” katanya.

TdF 2017 sendiri akan berlangsung selama enam hari. Rute yang disiapkan berjarak 721,6 km yang terbagi dalam enam etape.

Etape pertama, Larantuka-Maumere dengan jarak tempuh 138,5 Km, etape kedua, Maumere-Ende menempuh jarak 141,3 Km, etape ketiga Ende-Mbay dengan jarak 111 km, etape kelima yang merupakan etape terpendek, yakni Borong-Ruteng 58 km, serta etape keenam yang juga etape terakhir dari Ruteng-Labuan Bajo dengan jarak 121,5 km.

Semua etape tadi akan diawasi langsung oleh United Cycling Internationale (UCI). Dan lombanya akan diikuti 20 tim yang terdiri dari 17 tim luar negeri dan tiga tiga tim dari dalam negeri.

Peserta dari luar negeri berasal dari Inggris, Uni Eropa, Afrika, Jepang, Korsel, RRT, Australia, Thailand dan Malaysia.

“Dampak positifnya bisa banyak. Selain menyedot kunjungan wisatawan mancanegara dan Nusantara, event ini juga mampu menggerakkan ekonomi daerah dan mendorong perbaikan infrastruktur,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Jelamu.

Marius mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke NTT selama 2016 mencapai 882.395 orang dengan rincian 769.962 wisatawan nusantara, dan 112.433 adalah wisatawan manca negara (wisman).

Jumlah tersebut naik 20 persen dari tahun sebelumnya. Dan tahun ini, target kunjungan wisman ke NTT diproyeksi meningkat 30 persen, atau sejumlah 1,147 juta wisatawan.

“Semoga dengan adanya event ini, Jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat secara signifikan,” pungkasnya (adm.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker