Djarot: Merasa Lega Kalau Ibu Kota Dipindah

abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menilai rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan tidak begitu menimbulkan dampak bagi daerah Jakarta. Malah menurut Djarot hal tersebut justru akan meratakan pembangunan Indonesia sehingga tidak semuanya berpusat di Jakarta.

“Kalau seumpama seperti itu (ibu kota dipindah) malah lega kita,” ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 5 Juli 2017.

Djarot mengatakan ibu kota negara idealnya harus sebagai kota pemerintahan. Menurut Djarot Jakarta merupakan kota yang serba ada “Saya katakan sebagai kota yang segalanya ada. kita menjadi kota pemerintahan, kota dagang, kota industri, kota pendidikan, kota wisata campur jadi satu,” ucapnya.

Djarot menyebut hal serupa bisa diterapkan di Jakarta seperti Belanda yang ibu kotanya di Amsterdam namun pemerintahannya di kota Denhaag. Namun Djarot kembali mempertanyakan waktu pemindahan ibu kota. Menurutnya rencana tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Tapi permasalahannya, apa iya dalam waktu dekat bisa dipindah ke Palangka Raya?” Ucapnya.

Pemindahan ibu kota dikemukakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Kajian tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir 2017. (ton.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker