Waturaka Salah Satu Desa Wisata di NTT Raih Penghargaan Kategori Alam

abadikini.com, NTT – Desa Waturaka meraih penghargaan desa wisata kategori alam. Pemberian anugerah bagi sepuluh desa wisata terbaik ini dilaksanakan dalam rangka mendukung visi pemerintah untuk memajukan daerah melalui pariwisata karena sektor tersebut dinilai cepat dan mudah dikembangkan.

NTT saat ini memiliki ratusan desa wisata, dan ditargetkan hingga 2018 nanti akan ada 273 desa wisata di daerah yang kaya dengan potensi pariwisata bahari, air terjun, wisata alam, wisata budaya, dan wisata relijius.

Dalam RPJMD NTT pada periode kedua kepemimpinan Gubernur Frans Lebu Raya (2013-2018) ditargetkan hingga akhir 2018 ada 273 desa wisata di NTT.

Desa Waturaka, Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, NTT terletak tak jauh dari kawasan terkenal Danau Kelimutu. Selain pemandangan cantik, desa ini mengusung konsep wisata yang sangat unik, yaitu melibatkan wisatawan dalam kegiatan sehari-hari. Wisatawan yang berkunjung akan tinggal di rumah penduduk, lalu melakukan kegiatan sebagaimana keseharaian warga. Jadi jangan heran,  jika tiba di sana melihat bule yang mencangkul di ladang, mengangkat batu untuk bangunan rumah, maupun mengajar Bahasa Inggris di sekolah.

Desa-desa wisata di NTT saat ini, antara lain desa wisata Wae Sano, Cunca Lolos, dan Liang Dara di Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai.

Kemudian desa wisata Labuan Bajo, Komodo, Pasir Panjang, Desa Batu Cermin di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Selanjutnya Desa Satarlenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai, dan Desa Nangalabang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, serta desa wisata perkampungan tradisional Bena di Kabupaten Ngada dan perkampungan tradisional Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Sebelumnya, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada sepuluh desa yang berhasil mengelola potensi pariwisata untuk memajukan ekonomi dalam kegiatan Expo BUMDes 2017 di Bukittinggi, Sumatera Barat. (sp.ak)

 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker