Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Terpilih Tak Dilantik di Istana, Ko Bisa?

abadikini.com, JAKARTA – Gubernur dan Wakil Gubernur  Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) terpilih hasil Pilkada Serentak 2017 Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah kemungkinan akan di lantik pada hari Selasa, (4/7/2017).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan Irwandi-Nova kemungkinan Pelantikannya akan dilakukan di depan rapat paripurna DPR NAD.

“Pelantikan gubernur Aceh di Banda Aceh,” ujarTjahjo Kumolo di Jakarta, Kamis (29/6/2017).

Tjahjo menjelaskan, pelantikan pasangan gubernur NAD berbeda dengan provinsi lain yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pasalnya, ‎Aceh memiliki kekhususan.

“Merujuk UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh maka pelantikan gubernur di provinsi paling barat di Indonesia itu dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa DPR NAD. Sementara pelantikan pasangan gubernur terpilih daerah lain dilakukan berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota,” jelasnya.

Tjahjo menambahkan, Jadi undang-undangnya mengatur demikian. Tapi nanti ada upacara di Istana Negara setelah pelantikan di Banda Aceh.

“Apa pun, pasangan gubernur saya ibaratkan tangan kanan presiden,” pungkasnya. (iwan.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker