Begini Cara Mencegah Penyebaran Virus Ransomware Petya di Komputer Anda

abadikini.com, JAKARTA – Virus ransomware Petya yang kini tengah melancarkan serangan gerobaknya dan bagaimana cara mencegahnya.

Diketahui, sejumlah negara di Eropa dan Asia Selatan tengah kewalahan dalam menghadapi serangan virus ini.

Petya adalah program virus ransomware yang bekerja sangat berbeda dari malware ransomware lainnya. Tidak seperti ransomware tradisional, Petya tidak mengenskripsi file pada sistem yang ditargetkan satu per satu.

Untuk saat ini belum ada cara mengatasi komputer yang terkena malware ini, opsi terburuk adalah menginstal ulang komputer anda, dengan asumsi anda telah mengambil file penting pada komputer anda. Hal yang terbaik yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pencegahan malware tersebut.

Berikut sejumlah langkah, yang dirilis Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mencegah penyebaran “Petya”.

1. Petya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk dapat menginfeksi komputer. Komputer anda seperti melakukan proses “checking disk CHKDSK” padahal saat inilah “Petya” mengenskripsi hard drive anda. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan komputer dan segera ambil file-file penting anda dari komputer dengan LiveCD.

2. Petya memanfaatkan kelemahan pada Microsoft SMBv1 sama seperti “Wannacry” sehingga pencegahan dapat dilakukan dengan meng-install patch MS17-010 atau menonaktifkan fungsi SMBv1. Anda tetap bisa menggunakan fungsi SMB pada Microsft Windows, dengan menggunakan SMBv2, SMBv3.

3. Update signature antivirus/antimalware, karena beberapa produk antivirus dilaporkan telah dapat mendeteksi Petya.

4. Untuk administrator system pada jaringan network besar, pastikan Intrusion Prevention System (IPS) telah ter-update dengan signature terbaru dan lakukan monitoring pada port service 139/445 di firewall anda, lakukan pencegahan dengan mematikan service tersebut apabila terdapat aktivitas yang mencurigakan.

5. Gunakan system restore untuk mengembalikan komputer Anda jika ternyata terjangkit ransomware “Petya”. (gil.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker