Tundukkan Kamerun 3-1 Jerman Lolos ke Semi Final Piala Konfederasi 2017

abadikini.com – Jerman berhasil memastikan diri lolos ke semi-final Piala Konfederasi 2017 setelah memukul Kamerun 3-1 dalam laga pamungkas Grup B di Sochi, Minggu (25/6/2017) malam WIB. Kemenangan ini mengantar Jerman sebagai juara grup dan akan menantang Meksiko di semi-final.

Timo Werner tampil gemilang di laga ini lewat dua golnya setelah Kerem Demirbay memecah kebuntuan di awal babak kedua. Kamerun, yang bermain dengan sepuluh pemain sejak pertengahan babak kedua, mencetak gol konsolasi lewat Vincent Aboubakar.

Jerman tidak mengawali laga ini secara meyakinkan di mana mereka membiarkan Kamerun menyerang, namun tidak ada peluang yang benar-benar membahayakan gawang Marc-Andre ter Stegen di 20 menit pembuka. Setelahnya, Jerman berhasil mengontrol pertandingan dan membuat sejumlah kans.

Di menit ke-24, Jerman seharusnya bisa mencetak gol ketika Joshua Kimmich menyambar umpan silang Marvin Plattenhart, namun tandukannya dari jarak dekat masih melebar tipis. Selanjutnya sejumlah pemain seperti Timo Werner, Kerem Demirbray, Julian Draxler mencoba mengetes Fabrice Ondoa.

Di penghujung babak pertama, Kamerun mendapat peluang terbaiknya saat crossing Benjamin Moukandjo berhasil disambut Zambo Anguissa, namun Ter Stegen berhasil mengantisipasinya. Hingga turun minum, skor tanpa gol tidak berubah.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan tiga menit setelah babak kedua berjalan. Berawal dari umpan tumit cerdik Draxler, Demirbay berada di posisi bagus untuk menembak sebelum melepaskan tendangan keras yang bersarang di pojok atas gawang Kamerun.

Kedua tim kemudian saling bergantian melakukan serangan sebelum terhenti oleh kejadian kontroversial di menit ke-64 ketika wasit salah mengidentifikasi pemain yang melakukan pelanggaran. Alih-alih menghukum Ernest Mabouka, yang menaikkan kakinya ke paha Emre Can, wasit malah memberikan kartu kuning kepada Sebastien Siani. Lewat bantuan Video Assistant Referee (VAR), wasit meralat keputusannya dan malah memberikan kartu merah kepada Mabouka.

crossing Moumi Ngamaleu, sudah cukup membuat Ter Stegen terkecoh.

Meski demikian, Jerman kembali mencetak gol beberapa menit berselang. Mendapat umpan Julian Brandt, Benjamin Henrichs meneruskannya ke tengah kotak penalti di mana Werner dengan mudah menyambarnya. Ini adalah dua gol pertama Werner bagi timnas. Di sisa laga, tekanan Jerman belum berhenti dan mereka nyaris mencetak gol keempat lewat Werner dan Amin Younes, namun kedudukan 3-1 tetap bertahan hingga laga usai. (gil.ak)

Susunan Pemain:

Jerman (3-5-1-1): Ter Stegen; Ginter, Sule, Rudiger; Kimmich, Rudy (Henrichs 74’), Can, Demirbay (Brandt 78’), Plattenhardt; Draxler (Younes 80’); Werner.

Kamerun (4-3-3): Ondoa; Mabouka, Ngadeu-Ngadjui, Teikeu, Fai; Djoum (Ngamaleu 58’), Siani, Zambo Anguissa; Bassogog (Ekambi 82’), Aboubakar, Moukandjo (Guihoata 70’).

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker