MUI Tak Persoalkan Sebagian Masyarakat yang Shalat Ied Hari Ini

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum MUI Pusat sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tabligh, Yunahar Ilyas tak mempersoalkan adanya masyarakat yang melaksanakan Salat Idul Fitri hari ini, Senin (26/6/2017). Dia berpikir positif tentang penyelenggaraan shalat tersebut.

“Mungkin mereka punya hitungan sendiri. Biarkan saja,” ujar Yunahar, singkat kepada wartawan, Senin (26/6/2017).

Seperti diketahui, empat buah masjid di Jakarta menyelenggarakan Shalat Ied hari ini. Padahal, pemerintah telah menetapkan bahwa Idul Fitri jatuh pada Minggu kemarin, (25/6/2017).

Adapun masjid tersebut diantaranya, Masjid Ghairu Jami Baitur Rahman dan Masjid Marzuqiyah yang terletak di Cipinang Muara. Lalu Masjid Baiturrahman di Tebet Timur dan sebuah masjid di Tebet Selatan.

Pengurus Masjid Ghairu Jami Baitur Rahman, Al Faqih Ustaz Abdul Khair bin Mugni mengatakan, dalam menentukan hari penting bagi umat Islam, mereka berdasarkan kitab Tamizulhaq dan Aiqozonmiyam karangan Said Usman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya.

Adapun Shalat Ied yang diselenggarakan hari ini karena mereka melihat dengan mata telanjang, hilal di awal Ramadhan hampir delapan derajat. “Pada saat itu perjalanan bulan berikutnya, bulan sudah ditentukan. Kondisi empat derajat atau di bawahnya. Alhamdulillah tidak bisa dibuktikan di Jakarta dan sekitarnya. Itupun di daerah timur Indonesia,” jelas Al Faqih.

Karena itu, mereka belum bisa mengikuti ketetapan pemerintah bahwa Idul Fitri jatuh pada hari kemarin, Minggu (25/6/2017). “Karena keyakinan kami belum sampai waktunya melaksanakan Idul Fitri. Kami ikuti berdasarkan pengetahuan falakiyah yang ada. Kitabnya kami punya dan nggak ngasal,” pungkas Al Faqih. (sp.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker